16 Pompa Air Disiagakan di Stasiun Semarang Tawang

Rumah pompa yang disiagakan untuk memompa air ketika menggenangi kawasan Stasiun Tawang Semarang Bank Jateng.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-KAI Daop 4 Semarang menyiagakan 16 pompa air di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, guna mengantisipasi datangnya musim hujan.

Langkah tersebut dilakukan, untuk memastikan kelancaran operasional stasiun dan meningkatkan kenyamanan para penumpang saat musim hujan.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo mengatakan 16 pompa air itu, ditempatkan di tiga zona strategis di areal stasiun. Pernyataan itu disampaikan melalui siaran pers, Selasa (15/10).

Franoto menjelaskan, pompa-pompa air tersebut dilengkapi dengan sistem otomatis yang akan menyala saat terjadi peningkatan debit air karena hujan.

Menurut Franoto, air yang disedot kemudian dialirkan menuju selokan dan selanjutnya mengalir menuju empat rumah pompa di sekitar Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng.

Yakni rumah pompa polder Stasiun Semarang Tawang, rumah pompa Kota Lama, rumah pompa Berok dan rumah pompa Kalibaru.

“Sebanyak tujuh unit pompa dipasang di Zona 2 atau area tunggu dalam stasiun dengan kapasitas 110 liter per menit. Kemudian lima unit pompa di areal dropzone dengan kapasitas yang sama, dan empat unit pompa di areal parkir yang memiliki kapasitas 500 liter per menit,” kata Franoto.

Lebih lanjut Franoto menjelaskan, dengan kesiapan tersebut maka KAI berharap dapat mengantisipasi risiko banjir yang berpotensi mengganggu aktivitas operasional dan kenyamanan penumpang.

“Melihat pengalaman tahun-tahun sebelumnya, areal Stasiun Tawang sering mengalami banjir saat intensitas hujan tinggi yang dapat mengganggu perjalanan kereta api dan kenyamanan penumpang yang hendak menggunakan jasa kereta api. Oleh karena itu, langkah ini merupakan antisipasi penting yang dilakukan KAI,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaWarga Banyumas Siap Menangkan Luthfi-Yasin di Pilgub Jateng 2024
Artikel selanjutnyaMenyoroti Penambahan Jumlah Kementerian pada Kabinet Pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto