Pertamina Terus Dorong Upaya Digitalisasi QR Code Pertalite

petugas SPBU
Seorang petugas SPBU melayani pembeli.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM – Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah terus mengupayakan digitalisasi QR Code Pertalite, mengikuti langkah sukses dari QR Code Biosolar sebelumnya.

Sosialisasi sudah terus digencarkan, dan diharapkan masyarakat memahami serta segera mendaftarkan kendaraan miliknya guna bisa mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi.

Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho mengatakan pihaknya terus melakukan pendataan untuk QR Code Pertalite kendaraan roda empat, dan nantinya bisa mendapatkan barcode guna bertransaksi di SPBU. Hal itu dikatakan saat ditemui di kantornya, Selasa (15/10).

Brasto menjelaskan, masyarakat yang mengalami kendala saat proses pendaftaran bisa menghubungi call center Pertamina 135 atau mendatangi SPBU terdekat apabila membutuhkan bantuan secara teknis.

Selain itu, setelah mendapat QR Code Pertalite tidak bisa dipindahtangankan atau digunakan untuk kendaraan lain.

Menurutnya, saat ini baru ada sejutaan masyarakat yang mendaftar mendapatkan QR Code Pertalite di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

“Jadi, kami berharap dan kami mengimbau kepada masyarakat konsumen segera mendaftar karena pendaftarannya cukup mudah. Cukup lewat di subsiditepat.MyPertamina.id, dan tinggal upload terkait dengan identitas diri, STNK kendaraan dan foto mobil tampak depan tampak samping serta persyaratan lainnya,” kata Brasto.

Lebih lanjut Brasto menjelaskan, untuk kendaraan umum semacam ambulan atau kendaraan layanan umum lainnya bisa menggunakan QR Code Pertalite.

Hanya saja, yang perlu diingat saat proses pendaftaran harus memerhatikan dokumen sesuai dengan kendaraan.

“Kalau mobilnya pakai plat nomor kuning ya fotonya harus sama, kendaraan plat nomor kuning. Sama juga ketika berganti plat nomor dari hitam ke putih, perlu daftar lagi disesuaikan dengan kendaraannya,” pungkasnya. (Bud)