730 Santri Se- Kecamatan Pedurungan melaksanakan Manasik Haji

Ikuti Kami di Google News

Minggu, 13 Oktober 2024 – Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Qur’an (LPQ) Kecamatan Pedurungan menggelar acara manasik haji santri pada hari Minggu, 13 Oktober 2024 di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). Kegiatan ini berlangsung dengan khidmat dan antusiasme tinggi dari 730 peserta yang terdiri dari santri, Guru TPQ dan wali santri.

Kegiatan Manasik Haji Santri dibuka oleh Ketua Badko LPQ Kota Semarang yang diwakili oleh Wakil Ketua II – Bapak Aminudin, S.Hi., M.Hi. Program perdana Badko LPQ Pedurungan ini bertujuan memberikan edukasi dini kepada generasi muda mengenai ibadah haji. Acara dimulai sejak pagi hari dengan simulasi tata cara pelaksanaan haji yang dipandu oleh para pembimbing berpengalaman – Bapak H. Shofiyul Mujib. Peserta diajarkan tentang rukun haji, mulai dari ihram, tawaf, sa’i, hingga wukuf di Arafah.

Ketua Badko LPQ Pedurungan – Ustadz Sofiyul Hadi, SE. menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan anak-anak dan masyarakat mengenai ibadah haji, serta memperkuat pemahaman mereka terhadap salah satu rukun Islam. “Kami berharap manasik haji ini dapat memberikan gambaran yang jelas tentang proses haji, sehingga para santri ketika mereka berkesempatan menunaikan ibadah haji di kemudian hari, mereka sudah memiliki bekal pengetahuan yang cukup,” ujarnya. Tambahnya, Kegiatan ini juga untuk menyambut datangnya Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober 2024.

Kegiatan ini mendapatkan respons positif dari para peserta dan orang tua. “Ini sangat bermanfaat untuk anak-anak kami, agar mereka lebih memahami agama sejak dini,” ungkap salah satu orang tua peserta.

Badko LPQ Kecamatan Pedurungan siap mendidik generasi muda untuk mengenalkan ibadah haji sebagai salah satu kewajiban umat Islam.
M. Zaki Rosyada – Badko LPQ Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. (ims)

Artikel sebelumnyaIni Yang Bakal Jadi Sasaran Operasi Zebra Candi 2024
Artikel selanjutnyaDunia Usaha Optimistis Songsong Pemerintahan Baru, Apakah Optimisme Ini Menggambarkan bahwa Dunia Usaha Menyambut Baik?