22 Pemda di Jateng Berhasil Terapkan Sistem Merit

Sumarno, Sekda Jateng.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Pemprov Jawa Tengah memberikan penghargaan kepada 22 pemerintah kabupaten/kota, karena dianggap mampu menerapkan sistem merit pada manajemen talenta Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dalam sistem merit, semua ASN memiliki peluang yang sama untuk berkompetisi secara terbuka dan obyektif guna menempati suatu jabatan.

Sekda Sumarno mengatakan melalui sistem merit, menjadi satu cara untuk menciptakan pemimpin-pemimpin dengan jenjang karir secara profesional dan transparan serta akuntabel. Hal itu disampaikan saat kunjungan di Magelang, baru-baru ini.

Sumarno menjelaskan, sistem merit juga bisa mengeliminasi sistem karir dengan jalur-jalur yang tidak benar.

Dengan begitu, sistem tersebut perlu didukung sepenuhnya.

“Manajemen sumberdaya manusia itu bukan hal yang mudah, sehingga kami terimakasih kepada pemerintah pusat yang membuat instrumen bagaimana pengelolaan sumberdaya manusia menjadi lebih baik lagi,” kata Sumarno.

Wakil Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Tasdik Kinanto menyatakan, begitu penting menerapkan merit sistem dalam kelembagaan manajemen ASN.

Penerapan sistem tersebut sudah menjadi komitmen nasional, bahkan menjadi bagian tak terpisahkan dari proses reformasi birokrasi yang terus berlangsung.

“Proses reformasi birokrasi kita belum selesai, sementara tantangan kehidupan bangsa di era globalisasi, digitalisasi, dan kemarin era pandemi sangat luar biasa. Situasi kehidupan yang dinamis dan kompleks harus dihadapi,” ucap Tasdik. (Bud)

Artikel sebelumnyaTangani Keadaan Darurat, Bandara Ahmad Yani dan Puspenerbad Teken Kerja Sama
Artikel selanjutnyaMasyarakat Bangka Belitung Dapat Bantuan Pembangunan Masjid