Pastikan Aman, Daop 4 Semarang Periksa Jalur Perjalanan KA

Seorang petugas KAI Daop 4 Semarang memastikan jalur rel dalam kondisi aman dilintasi.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-KAI Daop 4 Semarang mengerahkan ratusan petugas, untuk menjaga keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api setiap hari.

Langkah tersebut dilakukan, untuk memastikan kondisi jalur dalam keadaan aman dilalui kereta api.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo mengatakan para personel yang diterjunkan itu bertugas memantau dan mengecek kondisi jalur rel secara berkala, baik secara visual maupun dengan menggunakan alat bantu khusus. Hal itu disampaikan melalui siaran, Selasa (8/10).

Menurutnya, para petugas akan memeriksa kondisi fisik rel dan bantalan serta sambungan maupun kelengkapan lainnya seperti penambat dan balas.

Petugas juga memastikan tidak adanya potensi kerusakan atau ancaman, yang dapat membahayakan perjalanan kereta api.

“Petugas Pemeriksa Jalur merupakan ujung tombak dalam menjaga keselamatan operasional kereta api. Mereka memiliki tanggung jawab besar untuk memeriksa dan memastikan kondisi jalur rel tetap dalam keadaan terbaik, bebas dari potensi gangguan,” kata Franoto.

Lebih lanjut Franoto menjelaskan, para petugas dilengkapi alat pengukur geometri rel untuk memastikan bahwa rel berada dalam kondisi yang tepat.

Alat tersebut membantu petugas dalam mendeteksi ketidaksempurnaan rel, seperti keausan atau pergeseran yang mungkin tidak terlihat secara kasat mata.

“Tugas PPJ tidak mengenal cuaca. Baik dalam kondisi panas terik maupun hujan deras, mereka harus tetap disiplin menjalankan tugas. Tidak hanya harus teliti, tetapi juga memerlukan fisik dan mental yang prima untuk terus siaga sepanjang waktu,” pungkasnya. (Bud)