Membaca Konflik yang Kian Memanas Antara Iran vs Israel, Akankah Membawa Dunia di Ambang Perang Dunia ke-3?

Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92.6 FM – Kawasan Timur Tengah terus bergejolak. Peristiwa ini dinilai oleh sebagian kalangan akan membuat tensi konflik di Timur Tengah semakin memanas. Konflik antara Israel dan Lebanon, diperkirakan akan melibatkan lebih banyak pihak untuk langsung terlibat menghadapi Israel dan sekutunya.

Tingkat ketegangan baru terjadi ketika pada malam 1 Oktober lalu. Iran memborbardir wilayah Israel dengan ratusan rudal balistik hingga rudal hipersonik. Hal ini seolah sebagai jawaban Iran yang sebelumnya berjanji akan membalas Israel atas serangan yang ditujukan pada negara itu dan milisi pro-Iran di Timur Tengah termasuk Hizbullah.

Laporan TV Pemerintah Iran menyebut, serangan rudal ke wilayah Israel sebagai respons atas kematian pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dan terbunuhnya pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah beberapa waktu lalu.

Lalu, membaca konflik yang kian memanas antara Iran vs Israel, akankah membawa dunia menuju perang dunia ke-3? Akankah perang ini bakal melibatkan negara-negara yang menjadi sekutu masing-masing pihak?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber: Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia/Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani, Prof Hikmahanto Juwana dan Pengamat Timur Tengah, Hasibullah Satrawi.ย (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya: