Calon Penumpang Kereta Diajak Membatik di Stasiun Tawang di Hari Batik

Seorang calon penumpang KA di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng belajar membatik di Hari Batik Nasional.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Memeringati Hari Batik Nasional, KAI Daop 4 Semarang menggelar “Batik on Stasiun” di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, kemarin .

Mulai dari bazar batik, live music hingga demonstrasi live membatik yang diikuti para penumpang dan pengunjung stasiun.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo mengatakan kegiatan tersebut menjadi salah satu bentuk komitmen KAI, dalam melestarikan warisan budaya bangsa yakni batik.

Franoto menjelaskan, pihaknya juga mengajak para calon penumpang kereta api untuk mempraktikkan sendiri proses membatik dan merasakan pengalaman langsung dalam menghasilkan karya seni batik.

Melalui acara tersebut, KAI mengajak masyarakat terlibat langsung dalam proses membatik dan sekaligus mengenal sejarah batik lebih dalam.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, penumpang tidak hanya menikmati perjalanan mereka, tetapi juga mendapatkan pengetahuan baru tentang batik, sekaligus turut serta dalam pelestarian budaya yang sangat berharga ini,” kata Franoto.

Menurut Franoto, KAI Daop 4 Semarang juga menghadirkan perajin batik dan mendemonstrasikan proses pembuatan batik tradisional dengan motif khas daerah Semarangan maupun Pekalongan.

“KAI berupaya untuk terus mendekatkan seni dan budaya Indonesia kepada masyarakat dan penumpang, serta memperkuat identitas bangsa melalui pengenalan dan pelestarian batik sebagai warisan leluhur,” pungkasnya. (Bud)