Pabrik Samator di KITB Serap Tenaga Kerja Lokal

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia bersama Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana meresmikan pengoperasian Samator Indo Gas di KITB.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Pabrik Samator ke-56, resmi beroperasi di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB).

Samator Indo Gas akan menambah suplai oksigen di wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Direktur Utama Samator Indo Gas Rachmat Harsono mengatakan pihaknya menghasilkan oksigen, dinitrogen, hidrogen, argon dan sejenisnya untuk industri kesehatan dan manufaktur serta energi. Hal itu dikatakan usai peresmian pabrik di KITB, kemarin.

Rachmat menjelaskan, KITB merupakan kawasan strategis untuk berinvestasi.

Nantinya, pabrik Samator akan menyuplai kebutuhan industri di KITB dan rumah sakit di Jateng hingga perbatasan Jateng-Jabar sampai Jateng-Jatim.

“Teknologi yang digunakan kami mungkin yang lebih canggih daripada plant kita sebelumnya. Bisa dibilang full otomatis tapi tetap menyerap tenaga kerja dari Batang. Kami juga sudah menggunakan fitur ramah lingkungan seperti solar panel untuk kebutuhan energi,” kata Rachmat.

Sementara Pj Gubernur Nana Sudjana menyatakan, berdirinya pabrik ke-56 Samator dapat menarik minat para investor asing maupun dalam negeri berinvestasi di Jateng.

Banyaknya investasi dan perusahaan yang masuk, tentu akan berdampak positif bagi masyarakat dan menurunkan tingkat kemiskinan dan pengangguran terbuka di Jateng.

“Di Jawa Tengah baru satu (pabrik), yang operasional tapi itu meliputi Jawa Tengah dan DIY. Sehingga masih dibutuhkan tambahan, apalagi ke depan investasi di Jawa Tengah akan terus meningkat, baik dari asing maupun lokal,” ucap Nana.

Nana berharap, investasi di Jateng akan terus meningkat seiring ditetapkannya provinsi ini sebagai penumpu pangan dan industri nasional. (Bud)