Upi Fitriyanti, Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Daerah Lampung

Upi Fitriyanti
Upi Fitriyanti (41), Konselor Menyusui dan Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Daerah Lampung. Ia meraih penghargaan Dharma Karya Kencana tahun 2024 dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). (Foto: Upi)
Ikuti Kami di Google News

Lampung, Idola 92.6 FM – Sosok satu ini terus bergerak untuk mengajak semua orang mendukung ibu menyusui. Karena sukses ibu menyusui tak bisa lepas dari dukungan eksternal (keluarga) dan juga fasilitas kesehatan di sekelilingnya.

Sosok itu adalah Upi Fitriyanti (41), Konselor Menyusui dan Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Daerah Lampung. Ia terlibat dalam gerakan ini, sejak sebelum menikah/berkeluarga. Sekitar tahun 2008.

Hingga akhirnya, pada tahun ini, ia mendapat penghargaan Dharma Karya Kencana tahun 2024 dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Kegiatan Upi Fitriyanti
Kegiatan Upi Fitriyanti, Konselor Menyusui dan Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Daerah Lampung. (Foto: Upi)

Kepada radio Idola pagi (27/08) tadi, ia bercerita bagaimana fungsi dari konselor menyusui. Ia dan tim terus mengedukasi dan memberikan pendampingan bagi ibu yang sedang menyusui. Termasuk memetakan apa kendala sang ibu. Terlebih AIMI baru ada di tingkat provinsi. Mau dan mampu saja tak cukup bagi sang ibu.

“Ibu itu bukan hanya mau, tapi juga dia harus mampu. Nah untuk dia mau dan mampu, ini artinya bukan bukan hanya berasal dari motivasi ibunya sendiri, tapi juga dari faktor lingkungan. Langkah eksternalnya.Termasuk dari dukungan keluarga. Dari suami, dari keluarga, yang paling utama adalah sebenarnya kalau faktor eksternal itu dari fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan,” tutur Upi yang juga sebagai Asisten Ombudsman di Kantor Ombudsman RI Perwakilan Lampung.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Upi Fitriyanti, Konselor Menyusui dan Ketua AIMI Daerah Lampung.(yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaAset Bank Umum di Jateng Tumbuh 6,76 Persen
Artikel selanjutnya18 Kilogram Sabu Berhasil Disita Sebelum Dikirim ke Surabaya