Tiga Unit Pemadam Jinakkan Kebakaran TPA Jatibarang

Mobil pemadam kebakaran usai memadamkan api di TPA Jatibarang.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Areal TPA Jatibarang terbakar di sisi sebelah selatan, Senin (19/8).

Titik kebakaran ada di zona empat, sisi sebelah Sungai Cebong.

Kepala UPTD TPA Jatibarang Semarang Wahyu Heryawan mengatakan penyebab dari kebakaran, diduga karena suhu panas di musim kemarau sekarang ini, kemudian memunculkan adanya titik api di sekitar lokasi kebakaran.

Wahyu menjelaskan, saat terjadi kebakaran itu pihaknya mencoba memadamkan api dengan alat pemadam api ringan (APAR) dan baru dibantu tim Pemadam Kebakaran yang berjaga di lokasi TPA Jatibarang.

Kurang dari setengah jam, api sudah bisa dipadamkan.

Menurutnya, lokasi yang terbakar merupakan tumpukan sampah lama.

“Beberapa hari ini di sekitar TPA juga terjadi kejadian kebakaran. Terakhir di depan ASB itu terjadi kebakaran, makanya kita lakukan antisipasi,” kata Wahyu.

Kasi Operasi Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang Agus Sulistiyono menambahkan, sejak Juni 2024 kemarin pihaknya sudah menyiagakan satu unit mobil pemadam kebakaran.

Selain itu, dua armada mobil pemadam kebakaran juga dikerahkan untuk ikut membantu proses pemadaman.

“Pemadaman dibantu alat back hoe dari TPA, karena aksesnya memang sulit. Armada kita hanya sampai satu kilometer dari titik lokasi,” ujar Agus.

Agus menyebut, karena di sekitar lokasi kebakaran terdapat aliran sungai maka dilakukan pembendungan untuk penyediaan air.

Pihak pemadam juga akan menyiapkan alat pemadam berupa pompa portabel, apabila terjadi kebakaran kembali di sekitar lokasi. (Bud)

Artikel sebelumnyaIni Cerita Erlina Usai Ikut UMK Academy Dari Pertamina
Artikel selanjutnyaDPS Pilgub Jateng 2024 Tercatat 28,4 Juta Pemilih