Dua Mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika Undip Raih Dua Medali Emas Lomba Makalah dan Poster Kalkulus Nasional

M. Rival Faiz Faturohman dan Galang Riki Ramadhan, keduanya mahasiswa Program Studi Matematika Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro Semarang meraih medali Emas dalam Lomba Makalah dan Poster Kalkulus Nasional 2024.(Photo; Rival)
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92.6 FM – Dua Mahasiswa Program Studi Matematika Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro (Undip) Semarang meraih medali Emas dalam Lomba Makalah dan Poster Kalkulus Nasional. Dua mahasiswa tersebut adalah M. Rival Faiz Faturohman dan Galang Riki Ramadhan.

Keduanya berhasil meraih medali emas dalam kategori makalah pada ajang bergengsi “Lomba Makalah dan Poster Kalkulus Ke-2: Penguatan Penalaran Matematika Melalui Kalkulus”. Lomba ini diselenggarakan oleh Komunitas Analisis Matematika Indonesia (KAMINDO) bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), pada 31 Juli 2024.

Dalam lomba ini, Rival dan Galang berhasil menyajikan makalah yang mendapat pengakuan dari para juri berkat analisis yang mendalam dan inovatif.

M. Rival Faiz Faturohman dan Galang Riki Ramadhan saat presentasi tahap Final lomba makalah Kalkulus di ITB, pada 31 Juli 2024.(Photo; Rival)

Menurut Rival, dirinya menyukai matematika sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Bahkan sejak SD sering mengikuti ajang perlombaan matematika. “Dari SD sih kak kalau boleh jujur, soalnya dari SD sampai SMA sampai sekarang alhamdulillah masih sering mengikuti lomba-lomba gitu,”tutur Rival saat ditanya mulai kapan menyukai matematika kepada radio Idola, pagi (19/08) tadi.

Tak semua orang menyukai matematika. Bahkan ada yang bilang, matematika itu menyeramkan. Tapi hal itu tak berlaku bagi Rival.

Menurut Rival, matematika itu adalah sebuah seni. “Saya sudah diajarkan kayak matematika itu bukan sesuatu hal yang menyeramkan, tapi matematika itu adalah sebuah seni. Jadi ketika kita memandang ilmu itu sebuah seni, dan maka dari itu, kita akan menemukan keindahan dalam ilmu tersebut,”tambah mahasiswa asal Garut ini.

Selengkapnya, berikut ini, wawancara radio Idola Semarang bersama M. Rival Faiz Faturohman mahasiswa Undip peraih medali emas dalam Lomba Makalah dan Poster Kalkulus Nasional 2024. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: