Stasiun Semarang Poncol Ulang Tahun Seabad Lebih, Ini Kado Buat Pelanggan KA

Salah satu penumpang kereta beruntung mendapatkan bingkisan di HUT ke-110 Stasiun Semarang Poncol.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Memeringati HUT ke-110 Stasiun Semarang Poncol, KAI Daop 4 memberikan kado istimewa bagi para pelanggan kereta api (KA)

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo mengatakan dalam peringatan tersebut, para pelanggan KA yang sedang menunggu kedatangan kereta dihibur dengan live musik bergenre kroncong modern. Hal itu disampaikan melalui siaran pers, kemarin.

Franoto menjelaskan, pihaknya juga memberikan kejutan menarik kepada para penumpang yang beruntung di Stasiun Semarang Poncol.

Selain itu, pada puncak peringatan HUT ke-110 Stasiun Semarang Poncol ditandai pemotongan tumpeng yang dilakukan Kepala Daop 4 Semarang Daniel Johannes Hutabarat di depan Monumen Lokomotif D301 Stasiun Semarang Poncol.

“Melalui momen spesial ini, KAI mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah memilih moda transportasi kereta api sebagai transportasi andalannya. KAI akan berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan terbaik kepada para pelanggan dan terus mewujudkan perjalanan kereta api yang aman, nyaman, selamat dan tepat waktu,” kata Franoto.

Diketahui, Stasiun Semarang Poncol resmi beroperasi sejak 6 Agustus 1914 dengan nama Semarang West yang dioperasikan perusahaan kereta api swasta colonial Zustermaatschappijen bernama SCS (Samarang-Cheribon Stoomtram Maatschappij).

Stasiun ini dirancang arsitek kenamaan Belanda, Henry Maclaine Pont.

Semasa perang kemerdekaan, Stasiun Semarang Poncol mempunyai peran penting.

Pegawai Stasiun Semarang Poncol saat itu sigap mengungsikan lokomotif-lokomotif di depo ke Stasiun Kedungjati.

Hal ini dilakukan, agar sarana perkeretaaian tidak kembali dikuasai musuh.

Stasiun Semarang Poncol telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya berdasarkan Surat Keputusan Walikota nomor 646/50/1992, dan terdaftar di Registrasi Nasional Cagar Budaya dengan nomor RNCB.20160818.02.001204.

Stasiun Semarang Poncol telah melayani pelanggan sebanyak 1.930.066 penumpang selama Januari hingga Juli 2024, dan selama 2023 melayani sebanyak 3.037.589 penumpang.

Saat ini, Stasiun Semarang Poncol melayani rerata 59 perjalanan KA setiap hari dengan jumlah 39 KA penumpang dan 20 KA barang. (Bud)