Zulhas Uji Coba Makan Siang Gratis di SMAN 3 Semarang

Mendag Zulkifli Hasan membagikan paket makan siang gratis kepada siswa SMAN 3 Semarang.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Seribuan siswa SMAN 3 Semarang tampak sumringah mendapat sekotak makan siang gratis yang dibagikan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di halaman sekolah, Jumat (26/7).

Nasi kotak yang diterima siswa SMAN 3 Semarang itu berisi paket nasi komplit dengan lauk ayam goreng, telur, sayur dan buah pisang ditambah susu.

Paket makan siang gratis itu dibagikan Zulhas, usai sosialisasi Bangga Buatan Indonesia kepada para siswa.

Mendag Zulhas mengatakan pihaknya sengaja menyelipkan program makan siang gratis, yang merupakan salah satu program unggulan dari Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Zulhas menjelaskan, uji coba pendistribusian paket makan siang gratis bukan yang pertama dilakukan di SMAN 3 Semarang tapi sudah dilakukan di sejumlah sekolah di beberapa daerah di Indonesia.

Menurutnya, program makan siang gratis sudah masuk anggaran yang nantinya akan dilaksanakan pada 2025 mendatang.

“Yang sudah ada Rp71 triliun yang dianggarkan negara dari APBN. Itu anggaran untuk 2025 ada Rp71 triliun. Nanti kita akan lihat itu dalam satu kali makan berapa dan nanti dihitung sama ahli gizi. Mungkin tiap daerah beda-beda, baru nanti dibagi dapat berapa banyak dan dioptimalisasi baru nanti daerah mana saja atau semua daerah tergantung hitungan,” kata Zulhas.

Zulhas lebih lanjut menjelaskan, selama uji coba pembagian makan siang gratis nanti akan dilakukan evaluasi dan meminta masukan dari sejumlah pihak termasuk masyarakat.

Termasuk, masukan dari ahli gizi untuk dihitung nilai gizi dari paket makan siang yang dibagikan.

“Nanti kami akan beri masukan berapa nilainya akan dihitung ahli gizi, apa saja makanannya, dibagi berapa nanti baru ketemu,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaZulhas: Ayo Beli Produk Buatan Indonesia, Jangan Malu
Artikel selanjutnyaYuk, MBR Yang Cari Rumah Subsidi Merapat Ada Kuota 11 Ribu Unit Rumah