Yang Mau Cari Kerja Yuk Merapat, KITB Bakal Serap Banyak Tenaga Kerja

Kawasan Industri Terpadu Batang
Kawasan Industri Terpadu Batang. (Photo/Antara)
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Presiden Joko Widodo meresmikan Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) pada Jumat (26/7) kemarin.

Dengan peresmian KITB, diharapkan bisa menyerahkan ribuan tenaga kerja di wilayah Batang dan sekitarnya maupun se-Jateng.

Pj Gubernur Nana Sudjana mengatakan KITB memiliki luas 4.300 hektare, dan keberadaannya akan menjadi daya ungkit investasi di Jateng. Hal itu dikatakan usai mendampingi Presiden Jokowi di KITB Batang.

Menurut Nana, KITB dengan penyerapan ribuan tenaga kerja juga diharapkan bisa mengurangi tingkat pengangguran di Jateng.

Nana menjelaskan, pembangunan KITB berlangsung selama empat tahun dan telah mampu menyerap 18.190 tenaga kerja dengan 18 perusahaan telah masuk.

Hingga 10 tahun ke depan, diproyeksikan mampu menyerap 250 ribu tenaga kerja.

“Ini kabar gembira bagi Jawa Tengah, karena sampai saat ini masih cukup banyak masyarakat kita yang menganggur dan mencari pekerjaan. Meski pengangguran kita saat ini sudah turun menjadi 4,39 persen. Insya Allah ke depan kita akan terus menekan pengangguran ini, sampai sekecil-kecilnya ini,” kata Nana.

Lebih lanjut Nana menjelaskan, dengan beroperasinya KITB diharapkan mampu meningkatkan daya saing industri dan menarik investasi serta membuka banyak lapangan kerja.

“Jawa Tengah tidak hanya punya kawasan industri di Batang saja, tapi ada di Kabupaten Semarang dan Demak bahkan di Brebes juga ada. Ini akan terus kita kembangkan investasi di Jawa Tengah,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaMengenal Kelezatan Kuliner Bali Dan Nusa Tenggara: “kembali Ke Nusa” Yang Dapat Dinikmati Di Rooms Inc Semarang
Artikel selanjutnyaJateng Ekspor 16 Ribu Pasang Sepatu ke Amerika