Tahapan Belum Selesai, Calon Anggota KPID Jateng Ikuti Tes Psikologi

Calon anggota KPID Jateng
Puluhan peserta calon anggota KPID Jateng saat mengikuti tes psikologi.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Sebanyak 43 calon anggota KPID Jawa Tengah mengikuti tes kompetensi psikologi di kompleks BPSDMD Srondol, kemarin.

Tahapan psikotes dilakukan untuk mengukur kapabilitas calon komisioner, dan jika dinyatakan lolos maka harus melewati seleksi wawancara.

Ketua Tim Seleksi KPID Jateng Prof Budi Setyono mengatakan nantinya para peserta calon anggota KPID Jateng itu, akan mengikuti tes wawancara dengan tim seleksi soal kemampuan di bidang penyiaran.

Prof Budi menjelaskan, setelah tahapan wawancara akan dihadapkan pada jenjang fit and proper test yang dilakukan anggota DPRD Jateng.

Nantinya, para peserta yang lolos memiliki kompetensi di dunia penyiaran.

“Peserta seleksi KPID Jawa Tengah menjalani tes psikologi, atau psikotes untuk menjadi elemen yang dinilai dari sisi kompetensi. Mereka menjalani tes sekitar 1,5 jam untuk dilihat kompetensi akademiknya,” kata Prof Budi.

Prof Budi lebih lanjut menjelaskan, dari hasil tes kompetensi yang telah dijalani para peserta itu untuk memastikan akan diusulkan di DPRD Jateng.

Yakni mempunyai kompetensi di bidang penyiaran, manajerial, wawasan dan seterusnya.

“Nanti DPRD memilih calon KPID yang betul-betul memenuhi persyaratan. Nanti mereka (anggota DPRD Jateng) akan memilih tujuh anggota KPID melalui proses di internal Komisi A,” pungkasnya. (Bud)