Surabaya Tergeser dari Posisi Kota Terbesar Nomor Dua, Apa Penyebab dan Dampaknya?

Surabaya
istimewa
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92.6 FM – Kabar mengejutkan datang dari komposisi kota besar dan terpadat di Indonesia. Kota-kota besar yang selama ini merupakan pusat perekonomian dan tolak ukur kemajuan sebuah kota di Indonesia kini mulai tergeser.

Jika sebelumnya diketahui kota-kota besar di Indonesia adalah Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Tangerang, Makassar, Palembang, Balikpapan, dan Denpasar–kini, telah berubah. Ada dua kota yang posisinya tergeser dari urutan lima besar, yaitu Kota Surabaya dan Bandung. Apabila selama ini Surabaya dikenal sebagai kota terbesar dan terpadat nomor dua di Indonesia setelah Jakarta kini posisinya digantikan oleh Kota Bekasi di Jawa Barat. Sedangkan, posisi Bandung yang tadinya ada di urutan ketiga digeser oleh Depok.

Lalu, ketika Surabaya posisinya tergeser dari kota terbesar nomor dua; Apa faktor penyebabnya? Dan, apa saja dampak dari makin besarnya arus urbanisasi yang memicu tumbuhnya kota-kota besar baru?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber Director and Chief Knowledge Worker, Pengamat Masalah Perkotaan, Wicaksono Sarosa Ph.D. (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya:

Artikel sebelumnyaMenyoroti Gangguan pada Pusat Data Nasional Akibat Serangan Ransomware
Artikel selanjutnyaJateng Siap Selesaikan Dampak Krisis Iklim