SMA Negeri 2 Pati Juarai Festival Musikalisasi Puisi Tingkat SMA/SMK/MA se Jateng 2024

SMA Negeri 2 Pati berhasil menjadi penampil terbaik I dalam babak final Festival Musikalisasi Puisi bagi Siswa SMA Sederajat Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024. Festival musikalisasi puisi digelar Balai Bahasa Jawa Tengah di Teater Makutharama, Hotel Griya Persada, Kabupaten Semarang, Kamis (11/07/2024). (Foto Dok. Istimewa)
Ikuti Kami di Google News

Pati, Idola 92.6 FM – SMA Negeri 2 Pati berhasil menjadi penampil terbaik I dalam babak final Festival Musikalisasi Puisi bagi Siswa SMA Sederajat Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024. Festival musikalisasi puisi tersebut digelar Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah di Teater Makutharama, Hotel Griya Persada, Kabupaten Semarang, Kamis (11/07/2024).

Sebelumnya, babak penyisihan yang digelar secara daring diikuti oleh 65 sekolah tingkat SMA/SMK/MA yang ada di Jawa Tengah. Dalam penjurian babak penyisihan, juri memilih lima sekolah yang berhak masuk dalam babak final, yakni SMK Negeri 1 Cilacap, SMA Negeri 2 Pati, SMA Negeri 1 Magelang, SMA Pangudi Luhur Van Lith Berasrama Muntilan, dan SMA Negeri 1 Temanggung. Kelima tim yang masuk babak final tersebut menampilkan musikalisasi puisi wajib dan puisi pilihan.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Syarifuddin, M.Hum., menyampaikan apresiasinya kepada dewan juri. Mereka telah bekerja keras untuk menilai 65 tim pada saat babak penyisihan sehingga terpilih lima pemenang yang maju ke babak final.

“Festival ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah sebagai upaya pelestarian bahasa dan sastra Indonesia, khususnya karya puisi,” ujar Syarifuddin dalam sambutannya pada pembukaan di Hotel Griya Persada, Bandungan, Kabupaten Semarang..

Ketua panitia kegiatan, Kahar Dwi Prihantono, mengatakan, kegiatan tersebut bukan sekadar lomba, melainkan perayaan sukacita karena kelima tim yang masuk finalis sebenarnya sudah menjadi pemenang. Kelima tim tersebut sudah berhasil menyisihkan 60 sekolah di Jawa Tengah.

“Dua tim penampil terbaik yang akan maju ke tingkat nasional bukan lagi mewakili sekolah, melainkan mewakili Jawa Tengah,” jelas Kahar.

Kahar menambahkan, tim juri terdiri atas tiga orang yang berasal dari praktisi dan akademisi yang pakar di bidangnya. Tim juri itu adalah Irawan Wijayanto (Harmoni Amourest, Karanganyar), Bondan Aji Manggala (ISI Surakarta), dan Latri Manohara (Swaranabya, Semarang).

“Setelah dilakukan penjurian yang sangat ketat persaingannya, terpilih penampil terbaik pertama tim musikalisasi puisi dari SMA Negeri 2 Pati. Dua penampil terbaik akan mengikuti Festival Musikalisasi Puisi tingkat nasional,” tambahnya.

Berikut daftar penampil Festival Musikalisasi Puisi bagi Siswa SMA Sederajat Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024. Penampil Terbaik 1: SMA Negeri 2 Pati; Penampil Terbaik II: SMK Negeri 1 Cilacap; dan Penampil Terbaik III: SMA Negeri 1 Magelang.

Kemudian, Penampil Harapan I: SMA Pangudi Luhur Van Lith Berasrama Muntilan, Magelang; Penampil Harapan II: SMA Negeri 1 Temanggung; dan Penampil terbaik berhak mendapatkan sertifikat, piala, dan uang pembinaan.

Penampil terbaik I berhak mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 5 juta. Penampil terbaik II mendapatkan Rp 4 juta. Penampil terbaik III mendapatkan Rp 3 juta. Penampil harapan I mendapatkan Rp 2 juta, dan Penampil harapan II mendapatkan Rp 1,5 juta. (her)

Artikel sebelumnyaStok Beras Bulog Aman Sampai 6 Bulan ke Depan
Artikel selanjutnyaSeleksi Capim KPK Sepi Peminat, Apa Penyebabnya?