Sekda: Keluarga Punya Peran Cegah Korupsi

Bimtek keluarga berintegritas
Sekda Jateng Sumarno (tengah) saat bersama perwakilan KPK menggelar bimtek keluarga berintegritas di Jateng.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Dalam rangka memberantas dan mencegah tindakan korupsi, maka keluarga menjadi penting untuk mengambil peran tersebut.

Oleh karena itu, Pemprov Jawa Tengah menggandeng KPK memberikan program bimbingan teknis (bimtek) keluarga berintegritas.

Sekda Sumarno mengatakan pemprov bersama KPK, terus bersinergi menggencarkan pencegahan dan pemberantasan korupsi. Hal itu dikatakan usai pembukaan Bimtek Keluarga Berintegritas di kantornya, kemarin.

Menurutnya, integritas salah satunya dimulai dari keluarga dan kendali keluarga penting untuk memastikan pendapatan yang diperoleh berasal dari cara yang wajar.

Sumarno menjelaskan, sepanjang pendapatan tersebut menjadi hak dan sesuai dengan ketentuan maka harus disyukuri.

Namun, ternyata uang itu bukan dari yang seharusnya maka keluarga harus mengingatkan agar tidak dilakukan.

“Integritas itu memang salah satunya dimulai dari keluarga, karena kita semua bekerja dalam rangka mencari nafkah untuk keluarga. Keterbukaan di dalam keluarga, apa sih yang diperoleh seorang suami atau istri di kantor itu apa saja itu harus terbuka. Karena itu menjadi salah satu nanti keluarga yang mengontrol, apakah rezeki yang dibawa pulang orang tua ke rumah itu sesuai yang seharusnya, wajar apa tidak,” kata Sumarno.

Sumarno lebih lanjut menjelaskan, istri maupun suami pejabat berhak mengingatkan pasangannya jika membawa uang yang jumlahnya lebih dari yang seharusnya diterima.

Sebab, prinsip dalam keluarga menjadi pendorong setiap individu untuk berintegritas. (Bud)

Artikel sebelumnyaPemprov Percepat Program Pompanisasi Guna Wujudkan Jateng Penumpu Pangan Nasional
Artikel selanjutnyaLewat Pelatihan Vokasi, Jateng Berupaya Tekan Pengangguran