Sah! 9 Parpol di Jateng Terima Bantuan Keuangan Dari Pemprov

Bantuan keuangan dari pemprov kepada pengurus Parpol
Pj Gubernur Nana Sudjana bersama para pengurus partai politik usai menerima bantuan keuangan dari pemprov.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Pemprov Jawa Tengah menyerahkan bantuan keuangan kepada partai politik (parpol), senilai Rp22,6 miliar

Bantuan keuangan kepada sembilan parpol tersebut, untuk tahap I tahun 2024 hasil Pemilu 2019.

Pj Gubernur Nana Sudjana mengatakan kesembilan parpol itu masing-masing adalah PKB, Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, PKS, PPP, PAN dan Partai Demokrat. Hal itu dikatakan saat ditemui di kantornya, belum lama ini.

Nana menjelaskan, besaran bantuan keuangan tersebut penghitungannya adalah Rp2.000 per suara sah dari hasil perolehan suara Pemilu 2019.

Rinciannya untuk PDI Perjuangan mendapat bantuan keuangan sebanyak Rp7,9 miliar, PKB sebanyak Rp3,6 miliar, Partai Golkar sebanyak Rp2,2 miliar dan Partai Gerindra sebanyak Rp2,1 miliar.

Kemudian untuk PKS sebanyak Rp1,6 miliar, PPP sebanyak Rp1,4 miliar, Partai Demokrat sebanyak Rp1,2 miliar, PAN sebanyak Rp1,15 miliar dan Partai Nasdem sebanyak Rp1,11 miliar.

“Besaran bantuan keuangan partai politik didasarkan pada SK menteri dalam negeri, dan penggunaan dari bantuan keuangan partai politik ini diprioritaskan untuk melaksanakan pendidikan politik bagi anggota partai politik dan juga masyarakat,” kata Nana.

Lebih lanjut Nana berharap, pengelolaan bantuan keuangan parpol harus dilakukan secara transparan dan akuntabel.

Hal itu untuk membangun kepercayaan publik, dan memastikan bahwa parpol dapat berfungsi dengan baik dalam sistem demokrasi.

“Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan secara optimal dan sesuai peruntukannya,” pungkasnya. (Bud)