RSP dr Kariadi Semarang Siapkan 16 Dokter Spesialis Cek Kesehatan Paslon Pilgub Jateng 2024

dr Thomas Handoyo, Ketua Tim Medis RS Kariadi Semarang.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-RSP dr Kariadi Semarang menyiapkan 64 dokter dan 16 dokter di antaranya dokter spesialis yang memeriksa kesehatan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Pilgub Jawa Tengah 2024, Kamis (29/8).

KPU Jateng menjadwalkan melakukan pemeriksaan terhadap pasangan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi dan pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin, yang seharusnya dilakukan pada 30 Agustus 2024 namun diajukan menjadi 29 Agustus 2024.

Ketua Tim Medis RSP dr Kariadi Semarang dr Thomas Handoyo mengatakan pihaknya menyiapkan pemeriksaan fisik penunjang maupun laboratorium lengkap, yang digunakan untuk pemeriksaan kesehatan masing-masing bakal pasangan calon.

Menurut Thomas, ada tiga poin utama yang menjadi perhatian dalam proses pemeriksaan kesehatan para bakal calon.

Meliputi kesehatan fisik atau jasmani, mental dan pemeriksaan bebas narkoba.

Thomas menjelaskan, pemeriksaan fisik meliputi seluruh pemeriksaan jasmani dari penyakit dalam hingga pemeriksaan gigi mulut dan mata.

“Dilakukan para spesialis konsultan, dan kami melibatkan 16 dokter spesialis konsultan. Yang disyaratkan sesuai peraturan KPU itu pemeriksaan yang lengkap, di mulai dari pagi sampai dengan sore nanti kurang lebih jam lima sore,” kata Thomas.

Lebih lanjut Thomas menjelaskan, sesuai peraturan dan tahapan yang dibuat maka hasil pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon akan diberikan pada 3 September 2024.

Rekomendasi yang diberikan berupa fit dan unit, dari hasil pemeriksaan kesehatan para bakal pasangan calon.

Bakal Cagub Andika Perkasa menyatakan, dirinya bersama pasangan, Hendrar Prihadi mengaku siap mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan.

“Saya kalau tes kesehatan rutin melakukan, jadi kalau misal gula naik langsung ketahuan,” ujarnya.

Hal sama juga disampaikan Bakal Cagub Ahmad Luthfi, yang menyebut jika pemeriksaan kesehatan bukan hal baru.

“Semoga kesehatannya lolos dan lulus, karena menentukan langkah kita ke depan,” ucapnya. (Bud)