Rahmat Ajak Warga Naik Trans Jateng Pake QRIS Bayar Cuma Rp79

Warga saat menunggu kedatangan Bus Trans Jateng jurusan Semarang-Grobogan.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Menyambut HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Jateng menggelar program ‘Ngebis Ngagem QRIS’.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Rahmat Dwisaputra mengatakan program tersebut terhitung mulai Senin (12/8) hingga 18 Agustus 2024, masyarakat dapat menumpang seluruh rute Bus Trans Jateng hanya dengan membayar Rp79 melalui QRIS. Hal itu disampaikan melalui siaran pers, Senin (12/8).

Menurutnya, program tersebut saat ini memasuki tahun ketiga kolaborasi antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng dengan Dinas Perhubungan Jateng.

“Kerja sama dengan Trans Jateng ditujukan untuk memperluas cakupan edukasi QRIS, mengingat rute BRT ini menjangkau hampir seluruh Jawa Tengah. Selain dimaksudkan untuk mempromosikan transaksi nontunai, program ini juga memberikan kesempatan bagi penumpang untuk mencoba pertama kali bertransaksi menggunakan QRIS yang Cepat, Mudah, Murah, Aman dan Handal (CeMuMuAH),” kata Rahmat.

Lebih lanjut Rahmat menjelaskan, per Juni 2024 kemarin tercatat bahwa 5,5 persen dari total transaksi di Trans Jateng dilakukan secara nontunai dan 55,9 persen di antaranya menggunakan QRIS.

Proporsi transaksi nontunai di sektor transportasi umum masih relatif rendah, jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Jateng yang sudah terbiasa dengan layanan digital.

Program tersebut diharapkan dapat meningkatkan penggunaan transaksi QRIS di sektor transportasi umum di Jateng sekaligus mendukung upaya digitalisasi di provinsi ini.

“Harapannya, hingga akhir periode program setidaknya akan terdapat 7.900 penumpang yang mendapatkan kuota diskon. Dengan demikian, rata-rata harian penggunaan QRIS di Trans Jateng akan naik 48 persen,” pungkasnya. (Bud)