Pusaka Jateng Bakal Siapkan Sejumlah Rekomendasi Terkait Isu Strategis Pangan

Rahmat Dwisaputra
Rahmat Dwisaputra, Kepala KPw BI Jateng.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Dalam upaya mendorong penguatan ekonomi Jawa Tengah semakin solid, disiapkan Perumusan Analisis dan Rekomendasi Kebijakan Jawa Tengah atau Forum Pusaka Jateng.

Forum Pusaka Jateng akan dilaksanakan awal Juli 2024, dan diharapkan bisa melahirkan rekomendasi guna mengatasi isu strategis perekonomian di Jateng.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Rahmat Dwisaputra mengatakan persoalan yang biasanya dihadapi provinsi ini terkait pangan, di antaranya adalah masalah rantai distribusi pemasaran yang panjang. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantornya, kemarin.

Menurutnya, Forum Pusaka Jateng merupakan forum kompetisi artikel ilmiah dan diskusi panel tentang perkembangan ekonomi di Jateng.

Rahmat menjelaskan, Pusaka Jateng tahun ini akan lebih mengedepankan industri pangan guna mendukung kebijakan Jateng sebagai penumpu pangan nasional.

Sehingga, hal tersebut dipandang sejalan dengan Jateng sebagai lumbung pangan nasional.

“Temanya di tahun ini mewujudkan Jawa Tengah sebagai penumpu pangan dan industri nasional yang maju, sejahtera dan berbudaya serta berkelanjutan. Berkelanjutan artinya circular economy dan green. Kenapa, karena kita ingin industri yang ada di Jawa Tengah ini jangan sampai industri yang tidak terkait dengan pangan,” kata Rahmat.

Lebih lanjut Rahmat berharap, industri yang ada di Jateng nantinya lebih banyak didominasi industri terkait dengan pangan atau hilirisasi pangan.

“Kita ingin memberikan rekomendasi kepada pemprov, hal-hal yang memang bisa diimplementasikan dan dilaksanakan. Jadi bukan hanya kajian normatif atau sulit dilaksanakan oleh pemprov tapi kita ingin yang memang menjawab permasalahan yang dihadapi Jawa Tengah,” pungkasnya. (Bud)