PPDB SMA/SMK 2024 Bakal Dikawal Inspektorat Jateng

Upacara bendera
Sejumlah siswa SMA mengikuti upacara bendera.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Inspektorat Jawa Tengah bakal melakukan pengawasan ketat, terkait pelaksanaan PPDB SMA/SMK 2024.

Tidak hanya Inspektorat Jateng saja yang mengawasi, tapi juga dari Ombudsman guna memastikan tahapannya berintegritas, akuntabel, transparan dan tidak diskriminatif.

Inspektur Jateng Dhoni Widianto mengatakan pelibatan inspektorat dalam pengawasan tahapan PPDB 2024, sudah dimulai sejak penyusunan petunjuk teknis (juknis). Hal itu dikatakan saat ditemui di kantornya, kemarin.

Dhoni menjelaskan, sejak dari penyusunan juknis tersebut pihaknya dari Inspektorat telah dilibatkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng.

Hal itu dilakukan, agar juknis sesuai ketentuan dan mudah dipahami masyarakat umum.

Menurutnya, nantinya saat proses pelaksanaan PPDB 2024 Inspektorat juga akan melakukan pengawasan.

Apabila ditemukan permasalahan, inspektorat selaku pengawas internal akan menindaklanjuti dengan memberikan saran kepada penyelenggara.

“Inspektorat sebenarnya sejak awal sudah dilibatkan oleh Dinas Pendidikan untuk mengawal, agar pelaksanaan PPDB 2024 berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kalau tidak salah bahwa prinsip dasar pelaksanaan PPDB 2024 itu ada integritas, obyektif, transparan, akuntabel dan tidak diskriminatif,” kata Dhoni.

Lebih lanjut Dhoni menjelaskan, pengawasan langsung dilakukan dengan monitoring dan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa sekolah penyelenggara PPDB 2024.

Dengan metode tersebut, diharapkan sekolah benar-benar siap dalam melaksanakan semua tahapan penerimaan siswa baru.

“Sidak artinya, kita langsung mengecek pada panpel, mengawasi betul di situ sudah dilakukan layanan publik dengan bagus atau tidak. termasuk pantau di situ ada petugas di pos aduan atau tidak. Sehingga ketika ada permasalahan, segera ditangani,” jelasnya.

Diketahui, tahapan PPDB dimulai pengumuman pada 6 Juni 2024 kemudian pada 11-24 pendaftaran dan pembuatan akun online dan aktivasi laman resmi PPDB Jateng.

Selanjutnya, pada 24-27 Juni adalah proses pendaftaran dan perubahan pilihan sekolah dan pada 28-30 Juni memasuki masa tenang.

Pengumuman seleksi PPDB dijadwalkan 1 Juli 2024, dan daftar ulang dimulai pada 3-12 Juli 2024.

Sedangkan 15 Juli 2024 adalah masa pengumuman daftar cadangan, dan dilanjutkan 16-17 Juli 2024 daftar ulang bagi peserta cadangan. (Bud)