Polda Jateng Siap Tanggulangi Konflik Sosial Saat Pilkada 2024

Polda Jateng bersama Kodam IV/Diponegoro menggelar simulasi penanganan konflik sosial saat pilkada.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Polda Jawa Tengah bersama Kodam IV/Diponegoro dan juga instansi lainnya, siap mengamankan situasi politik selama masa Pilkada Serentak 2024.

Terutama, gesekan antarpendukung pasangan calon saat kampanye hingga masa hari pemungutan suara.

Kapolda Irjen Pol Ribut Hari Wibowo mengatakan dalam pengamanan Pilkada Serentak 2024, pihaknya melaksanakan Operasi Mantap Praja Candi 2024. Hal itu dikatakan usai melihat kesiapan personel ketika melakukan pengamanan selama pilkada di Simpang Lima Semarang, Kamis (5/9).

Kapolda mengapresiasi latihan kesiapan TNI/Polri dalam mengamankan Pilkada Serentak 2024.

Tahap-tahap yang dilakukan petugas dalam penanganan dan meredam aksi massa dalam latihan, disebutnya telah sesuai dengan undang-undang dan peraturan kapolri.

“Inilah gambaran yang kita hadapi saat massa tidak terkendali, Pedomani terus aturan dan tahapan-tahapan yang dilaksanakan dalam menangani kerusuhan massa. Prinsipnya kita siap melindungi seluruh masyarakat Jawa Tengah. Apapun yang terjadi, Jawa Tengah harus aman, nyaman dan kondusif,” kata kapolda.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi turut mengapresiasi kekompakan TNI/Polri dan seluruh stakeholder yang terkait dalam simulasi yang digelar.

Dirinya berharap l, kerusuhan yang digambarkan dalam simulasi latihan tidak terjadi di lapangan.

“Apa yang kita lakukan pagi ini adalah dalam rangka menyiapkan seluruh personil dan stake holder terkait agar selalu siap sedia. Latihan ini sebagai antisipasi dan mudah-mudahan (situasi rusuh massa) tidak terjadi di lapangan,” ujar pangdam. (Bud)