Personel Brimob Diajari CeMuMuAH, Tujuannya Ternyata Begini

Anggota Brimob Polda Jateng diajari penggunaan QRIS dari KPw BI Jateng.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Ratusan personel Satuan Brimob Polda Jawa Tengah yang biasanya memanggul senjata dan latihan fisik, kali ini mendapat pelatihan berbeda dan jauh dari kesan militer.

Tidak tanggung-tanggung, yang memberikan pengajaran adalah Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng.

Yakni, pengajaran dan edukasi tentang CeMuMuAH.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Rahmat Dwisaputra mengatakan pihaknya memberikan pengajaran dan edukasi kepada ratusan personel Sat Brimob Polda Jateng, tentang Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan keamanan transaksi nontunai. Pernyataan itu disampaikan usai mendatangi Mako Brimob Srondol, kemarin.

Menurut Rahmat, biasanya anggota Brimob memberikan jaminan keamanan wilayah dan masyarakat kali ini anggota polisi itu diajari menjaga keamanan bertransaksi secara nontunai.

Lewat Program Bank Indonesia Mengajar (BI Mengajar), anggota Brimob diajari bagaimana bertransaksi menggunakan QRIS.

Rahmat menjelaskan, Bank Indonesia berkomitmen memberikan pelayanan sistem pembayaran yang CeMuMuAH atau Cepat, Mudah, Murah, Aman dan Handal.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng bersinergi dengan seluruh perbankan di provinsi ini, untuk meningkatkan literasi keuangan digital masyarakat dan salah satunya menyediakan alternatif pembayaran menggunakan QRIS.

“Tips aman bertransaksi digital antara lain menjaga kerahasiaan data pribadi, waspada saat bertransaksi digital serta jangan ragu untuk mengadu ke penyelenggara system pembayaran apabila terdapat permasalahan. Masyarakat juga perlu menyimpan kontak pengaduan dari penyelenggara sistem pembayaran agar tidak rentan terhadap kejahatan siber. Selain itu, BI mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mencari informasi mengenai produk dan jasa sistem pembayaran yang telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia,” kata Rahmat.

Selain diajari bertransaksi dengan QRIS, personel Brimob Polda Jateng diajak melakukan user experience menggunakan QRIS dan membeli paket sembako senilai Rp81.500 hanya membayar Rp79.

User expereince merupakan kolaborasi Bank Indonesia bersama BRI dan Bank Jateng, melalui penyediaan 500 paket sembako untuk dilakukan tebus murah guna memberikan pengalaman kepada seluruh anggota Brimob. (Bud)