Perajin Kriya dan Wastra Lokal Akan Ditingkatkan Jadi Global

Batik
Seorang calon pembeli saat melihat kain batik buatan perajin.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Keberadaan perajin kriya dan wastra lokal, akan ditingkatkan secara kualitas dan menjadi global bersaing dengan perajin lainnya.

Hal itu menjadi cita-cita Dewa. kerajinan Nasional (Dekranas) saat menggelar hari ulang tahunnya ke-44 di Surakarta, kemarin.

Pj Ketua Dekranasda Jawa Tengah Shinta Nana Sudjana mengatakan peringatan HUT ke-44 Dekranas, menjadi momentum untuk memotivasi perajin memajukan potensi wastra dan kriya lokal yang berkualitas.

Dengan memajukan potensi kriya dan wastra lokal, juga akan menggulirkan perekonomian daerah.

Shinta menjelaskan, adanya kegiatan berskala besar atau nasional yang mengajak perajin kriya dan wastra terlibat turut menggulirkan ekonomi.

Sebab, ajang yang digelar di suatu daerah akan menjadi wadah memamerkan ragam kriya dan wastra setempat.

“Kegiatan ini diharapkan makin memotivasi perajin untuk menumbuh-kembangkan, memajukan wastra dan kriya Nusantara yang berdaya saing, sehingga dapat meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan perajin,” kata Shinta.

Sementara Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin dalam sambutannya menyatakan, kiprah Dekranas telah banyak mengantar berbagai kriya Indonesia mendunia.

Melalui sinergi apik pemerintah, perajin, media dan dunia maka usaha karya perajin mendapat banyak apresiasi.

“Gejolak ekonomi global yang sedang berlangsung, menjadi ujian sekaligus peluang untuk meresponnya secara kreatif. Dan keuletan kita untuk mengembangkan keterampilan, menjaga kualitas, serta memperluas pemasaran dalam dan luar negeri,” ucap Wury. (Bud)

Artikel sebelumnyaEmpat Pelajar Jateng Dikirim Jadi Calon Paskibraka Nasional
Artikel selanjutnyaTop! PGN Lunasi Utang Obligasi Dollar AS