Pemprov Jateng Tambah Layanan Pendidikan SMA

Pj Gubernur Nana Sudjana saat memberikan arahan kepada siswa SMA di Solo.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Pemprov Jawa Tengah menambah layanan pendidikan SMA, agar mampu meningkatkan daya tampung peserta didik.

Yakni, melalui pembangunan sekolah SMA negeri yang ada di Surakarta.

Pj Gubernur Nana Sudjana mengatakan peningkatan kuota peserta didik untuk jenjang SMA dilakukan, dengan penambahan sekolah baru yaitu SMA Negeri 9 Surakarta. Hal itu dikatakan usai meninjau sekaligus meresmikan bangunan sekolah yang berada di Kecamatan Pasar Kliwon, Senin (3/6).

Nana menjelaskan, dengan berdirinya sekolah tersebut maka calon peserta didik di Kecamatan Pasar Kliwon bisa lebih mudah mendaftar ke sekolah negeri.

Sebelumnya, calon peserta didik jenjang SMA harus bersaing dengan calon peserta didik di kecamatan lain karena belum ada sekolah di zonasinya.

Menurutnya, selama ini tidak ada SMA negeri yang ada di Kecamatan Pasar Kliwon dan keberadaan SMAN 9 menjadi kebahagiaan bagi para orang tua siswa.

“Infrastruktur gedung serta sarana prasarana pendukung akan terus ditingkatkan. Pemprov masih mengalokasikan anggaran untuk keperluan tersebut tahun depan. Pendirian SMA Negeri 9 ini merupakan kolaborasi Pemprov Jateng dengan Pemkot Surakarta. Lahannya merupakan hibah dari Pemkot Surakarta, yang dulunya merupakan SD Mojo,” kata Nana.

Lebih lanjut Nana menjelaskan, sebelumnya juga pernah dilakukan kolaborasi antara pemprov dengan Pemkab Banyumas dan Pemkab Banjarnegara.

Yakni pembangunan SMK Negeri Pagentan di Banjarnegara, dan SMK Negeri Lumbir di Banyumas. (Bud)