Pelaku UMKM Dituntut Kreatif Agar Bisa Kuasai Pasar Digital

SVP-Marketing Group Head JNE Eri Palgunadi (kanan) dan Director of Business Partnership Shopee Indonesia Daniel Minardi (kiri) saling bertukar plakat pada acara JNE Gollaborasi: UMKM Creative Movement.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Dalam era digital yang serba cepat, setiap pelaku usaha harus jeli melihat peluang dan tantangan yang ada.

Sebab, persaingan yang ketat menuntut setiap pelaku bisnis untuk memiliki strategi secara tepat agar tetap relevan dan unggul.

Oleh karena itu, sebagai bentuk dukungan terhadap pelaku UMKM maka JNE menggandeng Shopee memberikan pelatihan tentang kreativitas dengan tema “UMKM Creative Movement” yang diikuti 100 pelaku UMKM asal Jakarta, kemarin.

SVP Marketing Group Head JNE Eri Palgunadi mengatakan kegiatan tersebut menggarisbawahi, bahwa pentingnya kreativitas bagi pelaku UMKM di tengah meningkatnya kompetisi di era digital.

Menurutnya, sejak 2017 lalu JNE lewat program “Gollaborasi” konsisten memberikan kontribusi nyata dalam memberdayakan pelaku UMKM Indonesia.

Melalui serangkaian program edukasi yang komprehensif, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM tentang strategi penjualan di era digital sehingga dapat meningkatkan daya saing dan memerluas pasar.

“Kolaborasi antara JNE dan Shopee telah membuka peluang besar bagi UMKM untuk tumbuh dan berkembang. Dengan memanfaatkan sinergi antara keduanya, UMKM dapat meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan pasar, dan memperkuat posisinya di pasar yang semakin kompetitif,” kata Eri.

Eri menjelaskan, JNE sebagai mitra logistik yang telah bekerja sama dengan Shopee sejak 2016 lalu melihat kerja sama tersebut memiliki kontribusi positif bagi pelaku UMKM.

Pihaknya optimistis, kegiatan tersebut dapat menghadirkan pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten.

“Ke depan kami berharap kerja sama yang terjalin dapat terus berkembang dan JNE berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik dan meningkatkan inovasi untuk mendukung pengembangan bisnis bagi kemajuan UMKM Indonesia,” jelasnya.

Sementara Director of Business Partnership Shopee Indonesia Daniel Minardi menambahkan, para pelaku UMKM yang hadir mendapatkan pengetahuan tentang tren pasar hingga solusi praktis untuk mengatasi berbagai tantangan dalam menjalankan bisnis online.

“JNE Gollaborasi ini menjadi momen untuk berbagi pengetahuan seputar pengembangan bisnis digital, agar UMKM bisa naik kelas dengan strategi kreatif yang dapat dimiliki dengan memanfaatkan platform e-commerce. Shopee berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik bagi pelanggan di seluruh kota di Indonesia, yang juga didukung oleh layanan logistik andal dari JNE,” ucap Daniel. (Bud)