Nana: Jateng Solid Kawal Pilkada Serentak 2024

Pj Gubernur Nana Sudjana menjelaskan jika Jateng siap melaksanakan Pilkada Serentak 2024.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Pemprov Jawa Tengah membangun konsolidasi dengan berbagai stakeholder, mulai dari pemerintah kabupaten/kota dan penyelenggara pemilu hingga TNI/Polri maupun partai politik (parpol) serta tokoh agama ataupun tokoh masyarakat.

Secara umum, Jateng solid siap mengawal penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024.

Pj Gubernur Nana Sudjana mengatakan sejumlah rapat koordinasi (rakor) yang pernah dilaksanakan di antaranya pemantapan isu-isu strategis menjelang Pilkada Serentak 2024, rakor desk pilkada dan juga kondusivitas wilayah Provinsi Jateng. Pernyataan itu dikatakan usai menghadiri rakor kesiapan penyelenggaraan pilkada serentak di wilayah Jawa di Yogyakarta, kemarin.

Menurutnya, Polda Jateng juga sudah menyelenggarakan rakor kesiapan pelaksanaan Operasi Mantap Praja 2024.

Nana menjelaskan, pengalokasian anggaran pilkada dari Pemprov Jateng maupun pemerintah kabupaten/kota juga sudah terpenuhi.

Termasuk, naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) juga sudah mulai dicairkan kepada penyelenggara pemilu dan TNI/Polri.

“Koordinasi sudah kita lakukan. Saya rasa kita sudah cukup solid. Termasuk sudah melakukan rapat koordinasi, pelatihan simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota), kemudian juga sudah memetakan berbagai permasalahan-permasalahan yang ada di Jawa Tengah,” kata Nana.

Lebih lanjut Nana menjelaskan, dinamika dalam setiap tahapan pilkada tetap berpotensi ada.

Namun, pihaknya akan selalu mengikuti segala perkembangan yang terjadi dan terus berkoordinasi dengan penyelenggara pemilu maupun forkopimda.

“Stabilitas politik, hukum dan keamanan mempengaruhi pelaksanaan pilkada yang tahapannya telah berlangsung saat ini,” pungkasnya. (Bud)