Menuju Indonesia Maju: Bagaimana Memaksimalkan Swasembada Pangan, Energi, dan Hilirisasi Industri?

Indonesia di era kepemimpinan Presiden Soeharto, disebut mampu mencapai swasembada pangan pada medio 1984. (photo/ANTARA)
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92.6 FM – Baru-baru ini, Presiden RI terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto menghadiri sebuah acara yang diinisiasi media online nasional di Jakarta. Dalam kesempatan itu, Prabowo menyampaikan visi-nya dalam memimpin Indonesia ke depan.

Dalam vision statement-nya, Prabowo menyebut 3 hal fundamental yang bisa membangun Indonesia semakin baik dan maju. Ketiga hal itu adalah: negara Indonesia harus memiliki swasembada pangan, energi, dan hilirisasi industri.

Prabowo berharap, dengan ketiga hal ini, nantinya Indonesia tidak hanya bisa menciptakan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, namun juga berkeadilan.

Lalu, apa saja peluang dan tantangan dalam memaksimalkan ketiga faktor dasar itu? Bagaimana arah atau peta jalan menuju ke sana?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber: Kepala Centre of Food, Energy and Sustainable Development (CFESD) Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bapak Abra Talattov dan Guru Besar Fakultas Pertanian IPB University, Prof Dwi Andreas Santosa. (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya:

Artikel sebelumnyaDuh, Masih Ada Usaha Laundry di Semarang Pakai Elpiji Subsidi
Artikel selanjutnyaApa Relevansi Merekrut Seorang Ilmuwan di Bidang Cognitive Science?