Mengenal Sri Fatmawati, Peraih Internasional Dr Willmar Schwabe Award 2024

Sri Fatmawati SSi MSc PhD
Sri Fatmawati SSi MSc PhD bersama piala penghargaan Dr Willmar Schwabe Award 2024 yang diraihnya, pada 15 Juli 2024 di Krakow Polandia.(Foto:ย Humasย ITS)
Ikuti Kami di Google News

Surabaya, Idola 92.6 FM – Dosen Departemen Kimia Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya baru-baru ini meraih penghargaan internasional Dr Willmar Schwabe Award 2024. Ia adalah Sri Fatmawati SSi MSc PhD. Ibu Fatmaโ€”demikian ia biasa disapa, meraih penghargaan karena riset kimia bahan alam. Penghargaan diserahkan langsung di Krakow Polandia, Senin 15 Juli 2024.

Dr Willmar Schwabe Award merupakan penghargaan dua tahunan yang diberikan oleh Society for Medicinal Plant and Natural Product Research (GA). Penghargaan ini menyasar ilmuwan muda yang berdedikasi pada penelitian farmakologis atau klinis yang luar biasa di bidang tanaman obat dan bahan alam.

โ€œJadi yang mereka nilai dan mereka berikan penghargaan itu, adalah temuan, inovasi dan rekam jejak dari peneliti. Kalau saya sendiri bergelut di bidang ini 20 tahun yang lalu. Mereka melihatperforma dari riset kita. Itu yang dilihat. Bagaimana dampak inovasi yang kita lakukan terhadap masyarakat,โ€terang Fatma kepada radio Idola, pagi (25/07) tadi.

Sri Fatmawati SSi MSc PhD
Sri Fatmawati SSi MSc PhD saat menyampaikan hasil penelitiannya di Kongres Internasional Himpunan Penelitian Tanaman Obat dan Bahan Alam 2024 di Polandia.(Foto:ย Humasย ITS)

Pada gelaran yang bertepatan dengan Kongres Internasional Himpunan Penelitian Tanaman Obat dan Bahan Alam tersebut, Fatma juga mendapat kesempatan untuk mempresentasikan hasil penelitiannya di hadapan 1.200 peserta kongres dari seluruh dunia.

Fatma yang juga menjabat sebagai Wakil Kepala Pusat Penelitian Agri-pangan dan Bioteknologi ITS ini menyampaikan, penghargaan ini ada sejak tahun 1960 an. Base-nya ada di Eropa. Sedangkan keanggotannya dari semua negara, tidak hanya dari Eropa saja.

Lalu, apa makna penghargaan tersebut bagi dosen dari Laboratorium Kimia Bahan Alam dan Sintesis (KIBAS) Departemen Kimia ITS ini?

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Sri Fatmawati SSi MSc PhD, Dosen Departemen Kimia Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) ITS Surabaya.ย (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: