Masyarakat Diajak Membumikan Nilai-nilai Pancasila

Peringatan Hari Lahir Pancasila
Pj Gubernur Jateng saat memimpin upacara peringatan Hari Pancasila di halaman kantor gubernuran.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Memeringati Hari Pancasila pada 1 Juni 2024 kemarin, Pemprov Jawa Tengah mengajak seluruh masyarakat untuk terus membumikan nilai-nilai Pancasila.

Sebab, nilai-nilai Pancasila tersebut relevan diterapkan dalam setiap sendi kehidupan bermasyarakat maupun berbangsa dan bernegara.

Pj Gubernur Nana Sudjana mengatakan banyak nilai-nilai Pancasila, yang sudah diimplementasikan di Jateng. Hal itu dikatakan usai memimpin upacara Hari Pancasila di halaman kantor gubernuran, kemarin.

Menurutnya, nilai-nilai Pancasila yang banyak diimplementasikan di Jateng di antaranya terciptanya kehidupan yang rukun di antara umat beragama karena adanya sikap toleransi tinggi.

Selain itu, masyarakat Jateng memiliki rasa kegotong-royongan yang tinggi.

Nana menjelaskan, di bidang pendidikan juga Pemprov Jateng mengarahkan seluruh SMA/SMK negeri bisa mengadaptasi pendidikan inklusif.

Yakni, anak-anak berkebutuhan khusus dapat belajar bersama dengan anak-anak normal lainnya.

“Nilai-nilai Pancasila di antaranya sikap inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Hal ini sebenarnya sudah dilaksanakan oleh masyarakat Jateng. Demikian juga dengan sikap inklusivitas. Kita sudah memulai dari hal-hal yang kecil, dalam hal pendidikan, kemudian dalam hal pekerjaan,” kata Nana.

Lebih lanjut Nana menjelaskan, untuk di bidang ketenagakerjaan, Pemprov Jateng mendorong perusahaan melaksanakan amanat Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Yakni, perusahaan harus memekerjakan penyandang disabilitas sedikitnya satu persen dari jumlah pekerja normal.

“Pancasila merupakan benteng pertahanan dalam menghadapi segala tantangan bangsa. Pancasila menyatukan masyarakat Indonesia dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaAsyik, Borobudur Marathon Kembali Digelar Hadiahnya Rp2,6 Miliar
Artikel selanjutnyaPSM dan TKSK diminta Respon Cepat Persoalan Sosial