Libur Panjang Maulid, Konsumsi Dexlite Naik 34,9 Persen di Jateng-DIY

Petugas SPBU mengisi BBM ke kendaraan konsumen.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM – Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah mencatat rerata kenaikan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM), selama masa libur panjang 13-16 September 2024 di wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Terlihat, konsumsi BBM jenis Dexlite mengalami kenaikan sebanyak 34,9 persen bila dibanding dengan rerata konsumsi harian pada Agustus 2024.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho mengatakan kenaikan konsumsi BBM disebabkan peningkatan jumlah pengunjung ke Jateng-DIY serta aktivitas warga sekitar untuk memanfaatkan libur panjang. Hal itu dikatakan secara daring, kemarin.

Brasto menjelaskan, untuk BBM jenis Gasoline (Pertalite dan Pertamax Series) rerata konsumsi meningkat 1,3 persen dan untuk jenis Gasoil (Biosolar dan Dex Series) rerata konsumsi meningkat sebanyak 0,7 persen pada periode 13-16 September bila dibanding dengan rerata konsumsi harian Agustus 2024.

“Selain kenaikan konsumsi Dexlite, kami juga mencatat rata-rata kenaikan konsumsi Pertamax sebanyak 7,2 persen dan Pertamax Turbo sebanyak 21,6 persen pada periode 13-16 September bila dibanding dengan rerata konsumsi harian pada Agustus 2024,” kata Brasto.

Lebih lanjut Brasto menjelaskan, untuk konsumsi elpiji nonsubsidi jenis Bright Gas 5,5 kilogram juga meningkat sebanyak 11 persen.

Sedangkan rerata konsumsi untuk Bright Gas 12 kilogram meningkat sebanyak delapan persen pada periode 13-16 September, bila dibanding dengan rerata konsumsi harian Agustus 2024.

“Pada momen libur Maulid Nabi tahun ini, Pertamina Patra Niaga Regional JBT juga melakukan penambahan fakultatif elpiji tiga kilogram sebanyak 1,4 juta tabung untuk Provinsi Jateng dan DIY. Penambahan fakultatif ini dilakukan pada tanggal 13-18 September 2024,” pungkasnya. (Bud)