KPU Jateng Tunggu Berkas Pendaftaran Paslon Yang Belum Lengkap

Ketua KPU Jateng Handi Tri Ujiono memberikan keterangan kepada wartawan terkait hasil kesehatan calon gubernur dan calon wakil gubernur.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-KPU Jawa Tengah menunggu kelengkapan berkas persyaratan, dari masing-masing bakal pasangan calon yang maju di Pilgub 2024.

Baik dari pasangan calon Andika Perkasa-Hendrar Prihadi, maupun dari pasangan calon Ahmad Luthfi-Taj Yasin.

Ketua KPU Jateng Handi Tri Ujiono mengatakan dua bakal pasangan calon yang ikut kontestasi Pilgub 2024, dinyatakan dalam kondisi fit atau sehat dari tes kesehatan. Hal itu dikatakan saat ditemui di kantornya, pekan kemarin.

Menurutnya, hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di RS Kariadi Semarang sudah diserahkan kepada KPU Jateng.

Kedua bakal pasangan calon itu, menjalani pemeriksaan 20 item tes kesehatan yang meliputi tes kesehatan fisik utuh dan juga tes kejiwaan hingga tes bebas narkoba.

“Pemeriksaannya meliputi pemeriksaan fisik 18 item dan pemeriksaan kesehatan jiwa secara menyeluruh dan pemeriksaan bebas narkoba yang melibatkan BNN Provinsi Jawa Tengah. Kesimpulan dari hasil kesehatan ini menyatakan bahwa keempat calon fit, artinya mampu melaksanakan tugas sebagai gubernur dan wakil gubernur,” kata Handi.

Lebih lanjut Handi menjelaskan, dari hasil verifikasi berkas pendaftaran masih ada yang belum terpenuhi.

Misalnya surat dari pengadilan negeri hingga surat keterangan berkelakuan baik atau SKCK dari kepolisian.

“Hasil dari verifikasi pendaftaran ini sudah diserahkan ke tim pemenangan kedua pasangan calon. Dalam tahapan proses verifikasi, tim LO paslon juga dapat memantau melalui SILON KPU. Harapannya mereka (paslon) bisa langsung memperbaiki yang belum memenuhi syarat,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaSemargres 2024, Catat Transaksi Hingga Rp 311 Miliar
Artikel selanjutnyaPelaku Usaha Pariwisata Menanti Status Bandara Internasional di Jateng