KPU Jateng Buka Help Desk Pilkada

Ketua KPU Jateng.
Handi Tri Ujiono, Ketua KPU Jateng.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-KPU Jawa Tengah siap membuka pendaftaran calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Pilkada 2024, mulai 27-29 Agustus nanti.

Pemeriksaan kesehatan cagub dan cawagub Pilkada 2024, nantinya ditangani tim kesehatan dari RSP dr Kariadi.

Ketua KPU Jateng Handi Tri Ujiono mengatakan dalam membuka pendaftaran pihaknya mendasari pada PKPU Nomor 8 Tahun, di dalam isinya menyebutkan tentang putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu dikatakan usai ditemui di rakor persiapan penerimaan pendaftaran pasangan cagub dan cawagub di Aston Inn Pandanaran Semarang, Jumat (23/8).

Handi menjelaskan, terkait dengan kebijakan teknis penerimaan pendaftaran pasangan cagub-cawagub itu pihaknya menunggu KPU RI yang mengatur soal norma dalam pencalonan, baik syarat calon maupun syarat pencalonan.

Pihaknya tetap akan melayani pasangan cagub-cawagub yang melakukan pendaftaran, sesuai ketentuan berlaku.

Menurutnya, KPU Jateng dalam 1-2 hari ini akan menunggu kebijakan dari KPU RI berkaitan dengan pendaftaran pasangan cagub-cawagub.

“Kita buka layanan help desk bagi masyarakat atau perwakilan partai politik, yang membutuhkan informasi berkaitan dengan proses pendaftaran pasangan calon. Tapi intinya, kami KPU Jawa Tengah siap untuk menerima pendaftaran pasangan cagub-cawagub,” kata Handi.

Lebih lanjut Handi menjelaskan, KPU Jateng juga berkoordinasi dengan kepolisian setempat terkait nantinya saat menerima pendaftaran pasangan cagub-cawagub untuk melakukan rekayasa lalu lintas di depan kantor KPU.

Termasuk, berkoordinasi dengan Pengadilan Negeri Kota Semarang kaitannya hukum niaga yang mengeluarkan putusan kepailitan usaha dari pasangan cagub-cawagub.

“Intinya, kami merangkul semua pihak yang berkaitan dengan proses penerimaan pendaftaran pasangan cagub-cawagub,” pungkasnya. (Bud)