Koperasi Harus Mampu Tumbuh Sehat dan Kuat Hadapi Tantangan Modernisasi Zaman

Sudjarwanto Dwiatmoko
Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Jateng Sudjarwanto Dwiatmoko (kanan) saat memberi keterangan kepada wartawan terkait upaya pengembangan koperasi.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Koperasi harus terus bangkit dan tumbuh sehat serta kuat, agar dapat memajukan perekonomian masyarakat.

Koperasi juga harus mampu memanfaatkan teknologi digital dalam menjangkau pasar dan anggota maupun menjangkau lainnya agar lebih mudah.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Jateng Sudjarwanto Dwiatmoko mengatakan momen Hari Koperasi Indonesia, harus menjadi penyemangat agar koperasi terus tumbuh sehat dan kuat. Pernyataan itu dikatakan saat kunjungan kerja di Salatiga, pekan kemarin.

Sudjarwanto menjelaskan, agar koperasi tetap bisa berjalan dan berkembang menjadi lebih besar maka dari awal harus mampu menentukan arah bidang yang digarap.

Apabila koperasi mampu menentukan pilihan bidang usaha yang tepat, maka akan dibutuhkan anggota.

Menurutnya, pemprov akan masuk membimbing bagaimana mengelola manajemen koperasi agar bisa lebih baik.

Selain itu, pemprov akan terus mengawasi tentang kesehatan usaha yang dijalankannya

“Koperasi harus selalu bangkit, karena koperasi telah membuktikan sebagai gerakan ekonomi sirkular yang bagus. Jadi koperasi itu model ekonomi sirkular, ekonomi yang inklusif karena melibatkan rakyat kebanyakan,” kata Sudjarwanto.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jateng Eddy Bramiyanto menambahkan, pihaknya terus mengaktifkan kembali koperasi yang masih lesu karena saat Covid-19 tidak sedikit terdampak.

“Alhamdulillah, sudah ada yang mulai aktivitas. Angka (jumlahnya) masih tumbuh. Kita semangati bersama,” ujar Bram. (Bud)

Artikel sebelumnyaNana: Rodshow Bus KPK Kalau Bisa Digelar Setahun Sekali
Artikel selanjutnyaTahap Wawancara, Calon Komisioner KPID Jateng Dicecar Lima Pertanyaan