Kini, KA Menoreh Pakai Kereta Ekonomi New Generation

Sejumlah penumpang menaiki kereta di Stasiun Semarang Tawang.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-KA Menoreh Rute Semarang-Jakarta PP, kini menghadirkan kereta ekonomi new generation mulai 1 September 2024.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo mengatakan inovasi tersebut merupakan bagian dari komitmen KAI, dalam meningkatkan kualitas layanan dan memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang. Pernyataan itu disampaikan melalui siaran pers, kemarin.

Franoto menjelaskan, kereta ekonomi new generation tersebut merupakan hasil modifikasi yang dilakukan di Balai Yasa Manggarai, Jakarta Selatan.

KAI berencana memodifikasi seluruh kereta ekonomi jenis long seat, menjadi kereta ekonomi new generation secara bertahap hingga 2025.

“KAI senantiasa berupaya menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman bagi para penumpang. Kereta ekonomi yang sebelumnya memiliki 80 tempat duduk dengan sandaran tegak lurus dan saling berhadapan, kini digantikan dengan kereta ekonomi yang memiliki 72 tempat duduk dalam formasi 2-2 yang lebih nyaman dan tidak lagi berhadapan,” kata Franoto.

Lebih lanjut Franoto menjelaskan, modifikasi yang dilakukan tersebut untuk meningkatkan kenyamanan penumpang selama perjalanan.

Selain itu, desain interior kereta telah dimodifikasi menyerupai kereta eksekutif yang meliputi bentuk bagasi maupun suasana interior lebih cerah dan modern.

“Pengoperasian kereta ekonomi new generation pada KA Menoreh ini merupakan bagian dari upaya KAI, dalam meningkatkan kenyamanan dan keselamatan perjalanan penumpang. Kami berharap dengan adanya inovasi ini, minat masyarakat untuk menggunakan transportasi kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu,” pungkasnya. (Bud)