Kerja Sama IHK Tier Jerman dan Kadin Jateng Berakhir, Bakal Ada Tahap Lanjutan

Peserta magang
Peserta magang yang diselenggarakan Edukadin kerja sama dengan IHK Trier akan diberangkatkan akhir Juli 2024.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Program persiapan pendidikan dan pelatihan vokasi di Jerman (Duale Ausbildung) dengan IHK Trier sudah selesai.

Para siswa yang telah menempuh pelatihan Bahasa Jerman, akan diberangkatkan pada akhir Juli 2024 ini.

Ketua Umum Kadin Jawa Tengah Harry Nuryanto mengatakan selama ini sinergi dengan IHK Trier berjalan baik, dan sepanjang kerja sama berjalan ada sekira 70 siswa sudah mengikuti pelatihan serta sebagian besar sudah sekolah maupun bekerja di Jerman. Hal itu disampaikan saat ditemui di Hotel Grand Candi Semarang, kemarin.

Harry menjelaskan, penutupan batch ketiga adalah kerja sama IHK dengan Kadin Jateng yang telah berjalan selama tiga tahun terakhir ini.

Kerja sama selama tiga tahun terakhir ini, tentunya membawa manfaat yang baik bagi Kadin Jateng dalam menyiapkan SDM mumpuni.

“Kami sudah melakukan komunikasi formal terhadap Kadin IHK, yang nantinya akan kita tindak lanjuti kegiatan ini (pemagangan) dalam bentuk kerja sama lain. Di Jerman masih banyak dibutuhkan tenaga kerja yang mumpuni kita kirimkan ke sana,” kata Harry.

Lebih lanjut Harry menjelaskan, pada Oktober 2024 mendatang pihaknya akan ke Jerman bertemu dengan sejumlah kadin yang ada di Jerman.

Apabila sudah ketemu polanya, maka nanti di 2025 mendatang bisa secara resmi membuka kembali untuk pemagangan bagi anak muda Jateng berangkat ke Jerman.

“Yang terpenting sudah bisa menguasai bahasa Jerman minimal B1,” pungkasnya. (Bud)