Kerawanan Pilkada Serentak Jadi Pesan Kapolda Untuk Pengamanan

Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi saat memberikan keterangan kepada wartawan usai memimpin upacara Hari Bhayangkara.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Polda Jawa Tengah telah menyiapkan pola pengamanan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, mulai dari pengamanan pemilihan gubernur hingga bupati/wali kota.

Sebab, untuk pilkada berbeda pola perlakuan pengamanan dibanding saat pengamanan pemilu presiden kemarin.

Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan sebagai pakunya Nusantara, Jateng akan tetap kondusif selama pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. Pernyataan itu dikatakan usai memimpin upacara Hari Bhayangkara di Jalan Pemuda Semarang, Senin (1/7).

Menurutnya, seluruh anggota kepolisian yang ada di Jateng sudah dilatih sispam kota maupun sispam Mako dan juga pengamanan VVIP.

Sebab, pelaksanaan pilkada tidak hanya satu daerah saja tapi menyeluruh di semua daerah di Indonesia.

Kapolda menjelaskan, jajaran Polda Jateng bersama TNI dan stakeholder lainnya akan bersama mengawal pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

“Kita akan melaksanakan Operasi Mantap Praja, yaitu terkait dengan gelaran operasi kemandirian kewilayahan yang dilaksanakan seluruh jajaran dalam rangka pilkada. Ini sama cara bertindak operasional kegiatannya yang nantinya akan kita lakukan secara bersama,” kata kapolda.

Sementara Pj Gubernur Nana Sudjana menambahkan, Pemilu 2024 saat pemilihan presiden dan wakil presiden serta wakil rakyat di legislatif berjalan dengan aman dan kondusif untuk wilayah Jateng.

Menurut Nana, ke depan saat pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 bisa berjalan dengan aman dan lancar.

“Kami yakin masyarakat Jawa Tengah semakin dewasa dan semakin sadar, khususnya tingkat partisipasi masyarakat di pilpres kemarin. Target Jawa Tengah itu 80 persen, tapi di pelaksanaan kemarin jadi 82,6 persen,” ucap Nana.

Nana lebih lanjut berharap, iklim kondusif tetap terjaga hingga berakhirnya tahapan Pilkada Serentak 2024. (Bud)

Artikel sebelumnyaKirab Kebangsaan Jadi Penyemarak Hari Bhayangkara Polda Jateng
Artikel selanjutnyaDisdik Kota Semarang Tegaskan Pelaksanaan PPDB Tidak Ada Titip Menitip