Kenalkan Wisata Selatan Jateng, Tour dengan Borobudur Kembali Digelar Desember 2024

Pj Gubernur Nana Sudjana didampingi Sekda Jateng Sumarno saat memamerkan Jersey Bank Jateng Tour de Borobudur 2024.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Event olahraga tahunan Bank Jateng Tour de Borobudur, bakal kembali digelar pada 7-8 Desember 2024 mendatang.

Tahun ini, event kompetisi sepeda terbesar di Jateng tersebut yang menjadi tuan rumahnya adalah Kabupaten Kebumen.

Pj Gubernur Nana Sudjana mengatakan Kebumen sengaja dipilih menjadi tuan rumah tahun ini, karena memiliki alam yang indah dan sejumlah geopark. Hal itu dikatakan saat kegiatan bersama masyarakat di Kota Salatiga, belum lama ini.

Menurutnya, sejak 2018 lalu geopark di Kebumen sudah ditetapkan sebagai kawasan geopark nasional.

Pelaksanaan Tour de Borobudur tahun ini, juga untuk mendukung upaya proses pengajuan Kebumen Geopark menjadi UNESCO Global Geopark.

“Insya Allah akan diikuti para pesepeda dari dalam negeri maupun luar negeri. Banyak sekali tempat-tempat yang bisa dikunjungi seperti stalakmit atau stalaktit di Gua Jatijajar dan pantai Pandan Kuning juga sangat bagus,” kata Nana.

Lebih lanjut Nana menjelaskan, Bank Jateng Tour de Borobudur akan menempuh rute sejauh 50 kilometer hingga 100 kilometer.

Beberapa rute yang disiapkan untuk dilintasi pada hari pertama di Kebumen adalah kawasan Pantai Menganti, Museum Mendoan, Pantai Pandan Kuning, Konservasi Penyu dan industri-industri lokal.

Selanjutnya pada hari kedua, goweser akan menuju Borobudur di Kabupaten Magelang dengan destinasi yang diangkat adalah Pasar Kujon.

“Melalui kegiatan Tour de Borobudur, kita membantu untuk mengangkat geopark-geopark yang sedang dinilai tim dari sana. Jadi, peserta akan melalui 42 situs geopark di sekitar Kebumen,” pungkasnya. (Bud)