Jelang Idul Adha, Baznas Kota Semarang Beri Pelatihan Juru Sembelih Halal (JULEHA)

Ikuti Kami di Google News

Semarang, Radio idola 92,6 FM – Untuk memperdalam pengetahuan dalam management kurban dan teknik penyembelihan, Baznas Kota Semarang gelar pelatihan Juru Sembelih Halal (Juleha).

Kegiatan yang digelar di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kota Semarang. Pelatihan ini dilakukan mendekati hari raya Idul Adha, yang biasanya aktivitas pemotongan hewan akan lebih meningkat.

Ketua Baznas Kota Semarang, Arnaz Agung mengatakan, peningkatan indeks kesadaran berqurban yang diukur oleh Baznas Kota Semarang menjadi alasan penting untuk mengadakan pelatihan tukang jagal atau pelatihan Juleha yang lebih intensif. Saat ini, indeks kesadaran masyarakat untuk berkurban setiap tahunnya selalu meningkat.

โ€œBanyak yang perlu dipelajari yang saya sendiri juga belum tahu, contoh saja seperti menggiring hewan sampai mencacahnya ternyata ada trik khusus untuk mempermudah dan mempercepat prosesnya, Baznas Kota Semarang siap memberikan support penuh agar kegiatan ini selalu berlanjut karena ada nilai kebermanfaatan di dalamnya,โ€ jelasnya.

Sementara itu Abdul Rasyid, Plt. Ketua Juleha Kota Semarang, sampaikan acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang dimulai sebulan sebelumnya. Hari ini, merupakan acara puncak dengan praktik langsung menyembelih hewan, yang dilakukan oleh juru sembelih.

โ€œSebulan sebelumnya, materi hanya disampaikan lewat presentasi, tapi hari ini langsung praktek. Senang sekali peserta-peserta ini, terima kasih juga untuk Mas Arnaz Ketua Baznas Kota Semarang karena sudah membantu menyelenggarakan pelatihan ini, bahkan turut serta hadir,โ€ katanya.

Suryanto, salah satu peserta juru sembelih mengaku senang dengan adanyaย  kegiatan semacam ini. Karena kedepannya a para juru sembelih bisa berkembang menjadi lebih besar dan berkelanjutan di masa depan, dengan fasilitas yang lebih baik dan lebih mantap.

Dalam acara tersebut, praktik langsung dilakukan dengan menyembelih satu ekor sapi dan dua ekor kambing.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan masyarakat dapat lebih memahami dan menghargai proses berqurban secara lebih baik, serta dapat menjalankannya dengan lebih professional (wid)