Jateng Targetkan Tingkat Partisipasi Pemilih Capai 82 Persen di Pilkada Serentak

Pilkada Jateng
Ilustrasi/Istimewa
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Pemprov Jawa Tengah menargetkan, tingkat partisipasi pemilih di Pilkada Serentak 2024 bisa mencapai 82 persen.

Pada Pemilu 2024 kemarin, tingkat partisipasi pemilih di provinsi ini bisa mencapai 82,5 persen.

Pj Gubernur Nana Sudjana mengatakan untuk ajang Pilkada Serentak 2024 nanti, tingkat partisipasi pemilih bakal ditingkatkan karena masyarakat akan memilih bupati/wali kota maupun gubernur. Pernyataan itu disampaikan usai Rapat Desk Pilkada di Gradhika Bhakti Praja, kemarin.

Nana menjelaskan, pemprov dan kabupaten/kota serta penyelenggara pemilu sudah siap mengawal penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024, berjalan dengan aman dan lancar serta kondusif.

Oleh karena itu, pemerintah daerah sejak jauh hari menggelar rapat sebelum tahapan pendaftaran peserta pilkada.

“Untuk mengingatkan agar supaya kabupaten/kota betul-betul menyiapkan, apa yang harus mereka lakukan dalam menghadapi pesta demokrasi rakyat. Sehingga kesiapan kita harus betul-betul lebih matang,” kata Nana.

Nana lebih lanjut menjelaskan, ada empat indikator kesuksesan Pilkada Serentak 2024.

Yakni tingkat partisipasi masyarakat tinggi, kondusivitas wilayah, penyelenggaraan tahapan pilkada terlaksana dengan baik dan pelaksanaan pemerintahan tetap berjalan baik.

“Perhelatan Pilkada lebih rawan dibandingkan dengan pilpres. Oleh karenanya perlu dilakukan antisipasi-antisipasi dengan membangun komunikasi, baik dengan partai politik dan tim sukses maupun masyarakat,” tandasnya. (Bud)