Jateng Kirim Dua Perwakilan Jadi Paskibraka Nasional 2024

Akmal Faiz Ali Khadafi
Akmal Faiz Ali Khadafi (kanan) asal SMAN 4 Semarang, dan Glenys Lalita Aksani (kiri) dari SMAN 1 Sampang Cilacap.l mewakili Jateng sebagai calon anggota paskibraka nasional 2024.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Pemprov Jawa Tengah mengirimkan dua perwakilan yang lolos seleksi paskibraka nasional 2024, yakni perwakilan putra dan putri.

Keduanya adalah Akmal Faiz Ali Khadafi asal SMAN 4 Semarang, dan Glenys Lalita Aksani dari SMAN 1 Sampang Cilacap.

Ketua Pokja Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Bakesbangpol Jateng Widi Nugroho mengatakan keduanya lolos seleksi setelah mengikuti berbagai tahap ujian meliputi ketrampilan fisik, akademis, pengetahuan seputar Pancasila intelegensia umum dan psikotes serta wawancara juga tes kesehatan. Hal itu dikatakan saat ditemui di Semarang, pekan kemarin.

Menurutnya, keduanya lolos dari empat nama wakil Jateng yang diusulkan menjadi calon paskibraka tingkat pusat.

Widi menjelaskan, kedua wakil asal Jateng itu dijadwalkan menjalani pemusatan pelatihan di Cibubur.

Terkait penugasan, nantinya bergantung evaluasi dari BPIP dan Sekretariat Negara akan bertugas di Ibu Kota Nusantara (IKN) atau di Istana Negara Jakarta.

“Di sana mereka akan dididik dan diisolasi Terkait posisi mereka, kita lihat nanti pada saat upacara HUT ke-79 RI. Posisinya dilihat dari latihan kesehariannya selama diklat nasional,” kata Widi.

Lebih lanjut Widi menjelaskan, sebelumnya ada empat siswa yang akan menjadi wakil Jateng di paskibraka nasional 2024 namun dua lainnya sebagai cadangan.

Sementara untuk di tingkat provinsi, juga telah ditentukan 35 nama yang akan menjadi paskibra tingkat Jateng.

“Mereka adalah calon terbaik mewakili keluarga, komunitas, sekolah dan daerah. Harapannya mereka dapat melaksanakan dengan baik dan mengibarkan merah putih di puncak tertinggi,” pungkasnya. (Bud)