Ini Yang Bakal Jadi Sasaran Operasi Zebra Candi 2024

Personel Satlantas Polrestabes Semarang siap melaksanakan Operasi Zebra Candi 2024.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Satlantas Polrestabes Semarang menggelar Operasi Zebra Candi 2024, mulai 14 Oktober hingga 27 Oktober mendatang.

Beberapa penekanan diberlakukan selama pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2024 di antaranya memastikan kondisi kendaraan sebelum berkendara, memeriksa rem dan kelengkapan surat izin mengemudi (SIM) dan surat tanda nomor kendaraan (STNK).

Kasatlantas AKBP Yunaldi mengatakan operasi tersebut bertujuan, untuk menjaga ketertiban dan keselamatan berlalu lintas serta mendukung pelaksanaan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober 2024. Hal itu dikatakan saat ditemui di Mapolrestabes, Senin (14/10).

Yunaldi menjelaskan, pihak kepolisian akan menekankan pentingnya tindakan preventif dan preemtif serta represif dengan fokus utama pada pendekatan edukatif dan humanis.

Pihaknya juga akan mengedukasi masyarakat di berbagai tempat strategis serta komunitas-komunitas untuk tertib berlalu lintas.

“Kita melaksanakan dengan cara bertindak edukasi kepada masyarakat secara preventif dan humanis, dalam mendukung suksesnya operasi ini. Untuk represif kita mengutamakan ETLE, dan tidak ada kegiatan anggota yang razia tapi dinamis. Artinya, kalau ketemu pelanggaran yang membahayakan baru kita laksanakan penindakan,” kata Yunaldi.

Lebih lanjut Yunaldi menjelaskan, selama Operasi Zebra Candi 2024 digelar sejumlah pelanggaran lalu lintas menjadi fokus penindakan.

Mulai dari penggunaan helm tidak standar, melawan arus, menggunakan ponsel saat berkendara serta mengemudi dalam kondisi terpengaruh alkohol.

“Kami ingin mengedukasi masyarakat agar sadar akan keselamatan mereka dan pengguna jalan lain. Keselamatan adalah prioritas, dan tertib berlalu lintas adalah tanggung jawab kita bersama,” pungkasnya. (Bud)