Ini Upaya BI Jateng Stabilkan Pasokan dan Berikan Nilai Tambah ke Petani

Deputi Kepala Kantor Perwakilan BI Jateng Ndari Surjaningsih (tengah) ikut mengolah makanan dan ikan dalam acara Jateng Agroinnovation Expo (JAE) 2024 di Agro Center Soropadan.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah ikut memberikan sosialisasi, terkait pentingnya konsumsi makan ikan sebagai sumber protein.

Selain itu, mengonsumsi ikan yang kaya Omega-3 dan vitamin serta mineral juga mampu berperan dalam pencegahan stunting.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan BI Jateng Ndari Surjaningsih mengatakan melalui program kegiatan gemar makan ikan, diharapkan dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di provinsi ini. Pernyataan itu disampaikan usai menghadiri Jateng Agroinnovation Expo (JAE) 2024 di Agro Center Soropadan, kemarin.

Ndari menjelaskan, dalam kegiatan tersebut juga dapat menciptakan keseimbangan dalam permintaan pangan dan mendukung produksi lokal serta menjaga stabilitas harga komoditas pangan.

“Kegiatan ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai media edukasi kepada masyarakat, tentang pentingnya mengkonsumsi ikan sebagai sumber protein dan Omega-3 serta vitamin maupun mineral,” kata Ndari.

Menurut Ndari, penggunaan produk inovasi olahan cabai kering dan pasta bawang diyakini bisa menjadi alternatif pilihan untuk menstabilkan pasokan dan memberikan nilai tambah bagi petani dan industri pengolahan.

Oleh karena itu, sebagai bagian dari sosialisasi produk olahan pangan digelar lomba masak bareng menggunakan ikan kembung dan cabai kering serta pasta bawang.

“Kami juga berpartisipasi dalam kompetisi inovasi teknologi dan produk pertanian nasional yang diikuti Paguyuban Petani Organik Al Barokah Kabupaten Semarang. Selain itu, pada kategori Jateng Coffee Festival and Competition mengikutsertakan UMKM Kopi Posong Kabupaten Temanggung dan Kopi Anggrung Kabupaten Wonosobo,” pungkasnya. (Bud)