Ini Tantangan Yang Harus Dijawab Sebagai Anggota Pramuka

Sekjen Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Mayjen TNI (Purn) Bachtiar (kiri) saat berdiskusi dengan Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana sebelum dikukuhkan menjadi Kepala Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Jateng.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Anggota Pramuka di era keterbukaan informasi, harus mampu mengikuti perkembangan zaman dan menjawab setiap tantangan yang ada.

Bahkan, setiap anggota Pramuka harus terlatih dan terampil untuk ikut serta dalam penanganan masalah sosial di sekitarnya.

Sekretaris Jendral Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Mayjen TNI (Purn) Bachtiar mengatakan sebagai anggota Pramuka dan generasi penerus bangsa, yang harus ditanamkan sejak dini adalah menjaga etika dan tata krama serta budi pekerti yang baik. Hal itu dikatakan di sela pengukuhan Pj Gubernur Nana Sudjana sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Jateng masa bhakti 2023-2028 di Gradhika Bhakti Praja, kemarin.

Menurutnya, anggota Pramuka sebagai penerus generasi bangsa harus selalu berbuat yang terbaik.

Caranya dengan belajar belajar dan berlatih, karena tidak ada orang yang hebat.

“Nah Pramuka itu harus selalu bisa mengikuti perkembangan zaman. Dan kita masuk kepada era teknologi dan informasi, yaitu era digitalisasi membangun team work atau kerja sama yang baik. Caranya melalui pelatihan-pelatihan bersama, kegiatan bhakti atau kegiatan karya. Makanya ada yang namanya kemah karya nasional,” kata Bachtiar.

Lebih lanjut Bachtiar menjelaskan, menyambut Hari Pramuka pada 14 Agustus 2024 nanti sudah dipersiapkan sejumlah kegiatan pengabdian masyarakat dan kegiatan sosial.

Mulai dari pembagian bantuan sembako, perbaikan rumah tidak layak huni hingga pembersihan fasilitas umum secara serentak di seluruh Indonesia.

“Nanti, puncaknya dilakukan upacara peringatan Hari Pramuka dari mulai tingkat gudep hingga nasional,” jelasnya.

Sementara Kepala Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Jateng Nana Sudjana menambahkan, organisasi Pramuka memegang peran penting dalam proses pembentukan kualitas generasi bangsa.

Terlebih, Jateng saat ini sedang mengalami bonus demografi.

“Pramuka adalah suatu organisasi yang sangat penting untuk membina generasi muda, apalagi kita akan menyongsong Indonesia Emas 2045. Jadi harus kita persiapkan generasi muda kita ini menjadi generasi yang lebih baik,” ucap Nana.

Menurut Nana, Pramuka juga sebagai mitra pemerintah dalam mencetak generasi muda berkualitas unggul.

Olah karenanya, berbagai kegiatan Pramuka perlu diarahkan untuk membentuk kepribadian dan karakter yang baik. (Bud)