Ini Cara Pertamina Ajak UMKM Naik Kelas

Brasto Galih Nugroho, Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM – Sebanyak 133 pelaku UMKM mengikuti kegiatan UMK Academy, yang diadakan Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah.

Program UMK Academy dilaksanakan melalui dua fase yaitu, UMK Academy skala regional dan skala nasional.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho mengatakan UMK Academy dilakukan kepada 133 pelaku UMKM, yang berada di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Hal itu dikatakan saat sesi pembukaan UMK Academy secara daring, kemarin.

Brasto menjelaskan, kegiatan UMK Academy juga melibatkan RU 6 Cilacap dan Rumah BUMN selain dari Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah.

Dari 133 peserta yang merupakan pelaku UMKM tersebut, diharapkan para peserta bisa masuk ke UMK Academy tingkat nasional.

Menurut Brasto, namun tetap harus ada seleksi atau kurasi bagi para pelaku UMKM untuk bisa masuk UMK Academy di tingkat nasional.

“UMK Academy tahun ini berbeda tahun sebelumnya. Kalau tahun sebelumnya itu hanya untuk mitra binaan Pertamina, tapi kalau tahun ini khusus untuk mitra binaan dan umum. Jadi terbuka buat siapa saja, karena kalau dulu dari Pertamina menyalurkan sendiri untuk dana kemitraan,” kata Brasto.

Lebih lanjut Brasto menjelaskan, peserta UMK Academy yang disasar hanya untuk usaha mikro.

Nantinya bagi peserta UMK Academy yang tidak lolos ke tingkat nasional, masih tetap bisa berkomunikasi dengan Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah.

“Kami nanti juga akan memilih lima pelaku usaha mikro untuk mengikuti pameran. Harapannya, usaha para pelaku usaha mikro ini bisa berkembang dan naik kelas,” pungkasnya. (Bud)