Ini Cara Gencarkan Penggunaan QRIS di Masyarakat

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Nita Rachmenia (kanan) menerangkan soal parkir menggunakan QRIS kepada wartawan.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah bersama Dinas Perhubungan Kota Semarang, menggelar program pembayaran tarif parkir menggunakan QRIS.

Masyarakat bisa membayar tiket parkir sebesar Rp53, di tempat-tempat pusat perbelanjaan di Kota Semarang.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Nita Rachmenia mengatakan mulai 17-30 September 2024, akan ada program parkir menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Hal itu dikatakan saat acara media briefing di Semarang, Selasa (10/9).

Nita menjelaskan, program Parqris atau Parkir Praktis Ngagem QRIS tersebut kampanye pembayarannya sebesar Rp53 sekali parkir.

Untuk kegiatan Parqris akan dilaksanakan kerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Semarang, bertepatan Peringatan Hari Perhubungan Nasional ke-53.

“Kita dengan Dishub mencoba untuk mengimplementasikan di parkir tepi jalan umum juga selain di tempat perbelanjaan. Kita rangkul juru parkir kerja sama dengan Dishub, nanti kita sosialisasi. HP yang dipunya juru parkir kita beri stiker untuk pembayaran parkir,” kata Nita.

Nita lebih lanjut menjelaskan, per Juli 2024 kemarin pengguna QRIS di Jateng terbanyak ketiga di seluruh Indonesia sebesar 6,75 juta pengguna atau mengalami pertumbuhan sebesar 54,89 persen yoy.

Sedangkan volume transaksi menjadi terbanyak kelima di Indonesia, yaitu sebesar 139,43 juta kali.

“Pengguna terbesar adalah dari UMKM, yaitu 97,99 persen. Terdiri dari usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah. Terbanyak kotanya di Semarang dan Solo,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaJateng 4 Bulan Berturut Terjadi Deflasi, Ternyata Penyebabnya Bukan Karena Ini
Artikel selanjutnyaNikmati Diskon Ongkir 50 Persen Pengiriman Internasional Dari JNE