Industri dan Pertanian Harus Tumbuh Seimbang dan Berkelanjutan

Sekda Sumarno menjelaskan visi misi Jateng untuk 2025-2045 mendatang terkait Jateng sebagai penumpu pangan dan industri nasional.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Pertumbuhan sektor industri dan pertanian di Jawa Tengah harus seimbang, agar berjalan dengan baik.

Pemprov Jateng mengajak semua stakeholder, untuk menyeimbangkan industri dan pertanian.

Sekda Sumarno mengatakan peningkatan industri akan berdampak terhadap sektor pertanian. Pernyataan itu dikatakan saat launching Road to Pusaka Jateng di Hotel Gumaya Semarang, Selasa (2/7).

Sumarno menjelaskan, sesuai visi misi pembangunan jangka panjang Jateng 2025-2045 maka pemerintah pusat menetapkan Jateng sebagai penumpu pangan dan industri nasional.

Dua sektor tersebut harus dapat dilaksanakan secara beriringan, agar dapat memajukan industri sekaligus menjaga kelestarian lingkungan.

Menurutnya, sektor pangan diharapkan dapat menghasilkan berbagai produk pertanian maupun peternakan lokal yang mampu memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri.

Demikian pula dengan tumbuhnya sektor industri, akan menyerap banyak tenaga kerja dan meningkatkan perekonomian daerah.

“Di 2025-20245 ada rencana pembangunan jangka panjang, nanti butuh pemikiran dari semua pihak. Sehingga apa yang kita harapkan ke depan tentu saja bisa kita capai,” kata Sumarno.

Lebih lanjut Sumarno menjelaskan, apabila sektor pangan dan industri digarap dengan baik dan seimbang maka potensinya luar biasa dalam pertumbuhan ekonomi.

“Pokok bahasan dalam forum ini difokuskan pada upaya mendorong pertumbuhan ekonomi melalui penguatan ketahanan pangan dan memajukan industri di tengah berbagai tantangan global,” pungkasnya. (Bud)