Genjot Produksi Padi di Jateng, 4.348 Unit Pompa Air Bakal Dipasang

Sumarno, Sekda Jateng.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Kementerian Pertanian mengalokasikan pemasangan 4.348 unit pompa air di Jawa Tengah pada 2024, guna mendorong produktivitas padi.

Pemasangan pompa air bisa terpasang 100 persen, pada 17 Agustus 2024 besok.

Sekda Sumarno mengatakan dari 4.348 pompa yang dialokasikan Kementerian Pertanian itu, hingga kini yang sudah terpasang sebanyak 94,23 persen atau 4.097 unit. Hal itu saat ditemui di Wisma Perdamaian, kemarin.

Menurutnya, seluruh pompa air tersebut terpasang di 35 kabupaten/kota di Jateng.

Sumarno menjelaskan, program pompa air tersebut diharapkan produktivitas padi di Jateng semakin meningkat.

Selain itu, sawah-sawah tadah hujan yang semula panen sekali setahun bisa lebih dari sekali.

“Kami berharap pompa-pompa yang dialokasikan dari pemerintah pusat benar-benar bisa dimanfaatkan untuk mengairi sawah-sawah yang sebelumnya tidak teraliri air. Ketahanan pangan di Jateng harus menjadi perhatian bagi semua pihak. Apalagi sesuai rancangan pembangunan jangka panjang daerah Jateng 2025-2045, Jawa Tengah ditunjuk pemerintah pusat sebagai penumpu pangan dan industri nasional,” kata Sumarno.

Sementara Dirjen Sarana dan Prasarana Kementerian Pertanian Andi Nur Alam Syah mengapresiasi semua komponen di Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian Provinsi dan kabupaten/kota yang sudah bekerja luar biasa.

Berdasarkan data BPS Jateng, sektor usaha pertanian dan kehutanan serta perikanan mengalami pertumbuhan paling signifikan sepanjang kuartal I 2024.

Bahkan, tumbuh melebihi sektor usaha manufaktur yang menjadi motor penggerak perekonomian di Jateng.

“Mudah-mudahan kinerja ini bisa kita lanjutkan,” ucap Andi. (Bud)